Problematika guru PKN dalam mengimplementasikan nila-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKN di MAN Malang II kota Batu / Dhany Dwi Aspoto

Astopo, Dhany Dwi (2013) Problematika guru PKN dalam mengimplementasikan nila-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKN di MAN Malang II kota Batu / Dhany Dwi Aspoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Problematika, Guru PKn, Nilai Pendidikan Karakter Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran wajib di semua jenjang sehingga setiap proses aktivitasnya harus bernuansa pengembangan karakter. Studi eksplorasi menyebutkan bahwa perangkat pembelajaran mata pelajaran PKn MAN Malang II Kota Batu belum mengandung nilai pendidikan karakter. Sehingga pada saat proses pembelajaran di kelas, cenderung hanya membekali pengetahuan mengenai nilai-nilai melalui materi/substansi mata pelajaran sehingga berorientasi pada tataran kognitif saja. Budaya asing yang menonjolkan materialistik mempengaruhi gaya hidup siswa, sistem evaluasi yang menyebabkan siswa berpikir pragmatis dan mengabaikan proses sehingga siswa bersikap apatis terhadap sikap, nilai dan ketrampilan turut menyumbang lumpuhnya jati diri bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penyusunan rancangan perangkat pembelajaran guru PKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn MAN II Kota Batu; (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di MAN II Kota Batu; (3) Problematika guru PKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di MAN II Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Lokasi penelitian di MAN Malang II Kota Batu dengan sumber data dari manusia dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis isi dokumen, observasi partisipatif, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan interactive model. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan rancangan perangkat pembelajaran guru PKn dalam silabus dengan cara: (a) menganalisis SK/KD, (b) membuat metode yang variatif, (c) evaluasi masih bisa mengukur ranah kognitif. Sedangkan RPP dilakukan dengan cara: (a) menganalisis SK/KD, (b) membuat indikator yang sesuai dengan SK/KD, (c) membuat tujuan pembelajaran yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi, (d) membuat materi pembelajaran, (e) merancang metode yang variatif, (f) merancang langkah pembelajaran yang operasional, (g) merancang evaluasi tetapi masih ranah kognitif. Walaupun demikian, guru PKn di MAN MAlang II Kota Batu masih menggunakan perangkat pembelajaran tahun lalu yang belum di revisi sesuai dengan panduan pengintegrasian nilai pendidikan karakter; (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan mengimplementasikan nilai pendidikan karakter belum optimal karena metode yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik siswa, siswa masih ada yang tidak mengerjakan tugas, serta pengelolaan kelas kurang berhasil; (3) Problematikan guru dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter berasal sari siswa, guru, keluarga dan sekolah. Kendala dari siswa meliputi: (a) kurang disiplin datang ke sekolah, (b) jika siswa salah memilih teman bergaul, akan terpengaruh pada kegiatan yang kurang baik seperti merokok, begadang dan lupa belajar, (c) siswa banyak yangbermasalah, (d) nilai siswa sebagian besar dibawah KKM. Kendala dari guru meliputi: (a) jam mengajar guru banyak, (b) materi terlalu banyak, (c) alokasi waktu tidak sesuai denganbanyaknya materi, (d) guru hanya mengejar ketercapaian KKM, (e) guru masih menggunakan perangkat tahun lalu tanpa direvisi, (f) metode yang digunakan kadang tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Kendala dari keluarga yaitu: (a) kurang adanya kontribusi dari wali murid, (b) keluarga terkesan kurang memperhatikan perkembangan belajar anaknya, (c) kurangnya teladan dari keluarga untuk anak. Kendala dari sekolah yaitu sekolah jauh dari keramaian kota sehingga siswa kesulitan mendapatkan kendaraan umum ke sekolah. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dan guru untuk meminimalkan kendala dilakukan oleh sekolah dan guru. Upaya dari sekolah meliputi: (a) memasifkan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuhur berjamah, (b) mengadakan kegiatan rutin yaitu pentas seni setiap hari sabtu, (c) menjalin komunikasi dengan siswa yang bermasalah, (d) menjalin komunikasi dengan orang tua murid, (e) memaksimalkan peran BK. Sedangkan upaya dari sekolah yaitu: (a) menjadi teladan yang baik untuk siswa, (b) memulai dengan kedisiplinan yang sederhana seperti datang ke kelas tepat waktu, dan memakai seragam, (c) membantu siswa untuk meluruskan niat bahwa belajar adalah ibadah, (d) mengingatkan dan memotivasi siswa yang bermasalah, (e) harus menentukan target dan skala prioritas. Berdasarkan temuan penelitian di atas, saran yang diajukan yaitu: (a) kepada Kepala Sekolah, untuk memberi kesempatan kepada guru agar mengikuti seminar maupun pelatihan tentang pembelajaran; (b) kepada guru PKn, diharapkan guru mampu mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dengan lebih baik dan menarik. Guru juga harus secara kreatif merancang pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kondisi siswa namun tetap relevan untuk mengimplemtasikan nilai karakter kepada siswa; (c) kepada siswa, agar bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar PKn dan bisa menerapkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari; (d) kepada peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai landasan dan alasan untuk mengadakan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51677

Actions (login required)

View Item View Item