Pembelajaran nila-nilai disiplin dalam PKN siswa kelas XI sebagai upaya penegakan tata tertib di SMAN 3 Probolinggo / Pujo Dwi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran nila-nilai disiplin dalam PKN siswa kelas XI sebagai upaya penegakan tata tertib di SMAN 3 Probolinggo / Pujo Dwi Nugroho

Nugroho, Pujo Dwi (2013) Pembelajaran nila-nilai disiplin dalam PKN siswa kelas XI sebagai upaya penegakan tata tertib di SMAN 3 Probolinggo / Pujo Dwi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Nilai-nilai Disiplin Tata Tertib Pembelajaran adalah pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki si belajar yang akan membentuk suatu struktur kognitif baru yang lebih mantap yang dapat dipandang sebagai hasil belajar.. Nilai-nilai disiplin merupakan tindakan suatu perbuatan yang sengaja diterapkan untuk kepentingan pendidikan di sekolah. Tindakan atau perbuatan tersebut dapat berupa perintah nasehat larangan harapan dan hukuman atau sanksi. Kedisiplinan sebagai alat pendidikan diterapkan dalam rangka proses pembentukan pembinaan dan pengembangan sikap dan tingkah laku yang baik. Tata Tertib sebagai aturan yang diterapkan oleh sekolah merupakan ketentuan-ketentuan yang mengatur segala tindakan yang ada dikehidupan sekolah sehari-hari dan mengandung sanksi tertib siswa adalah bagian dari dari tata terib sekolah Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui isi kompetensi dasar pembelajaran nilai-nilai disiplin dalam Pkn strategi pembelajaran nilai-nilai displin keterkaitan nilai-nilai disiplin dengan tata tertib sekolah kendala yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran nilai-nilai disiplin sebagai upaya penegakan tata tertib dan upaya guru dalam mengoptimalkan pembelajaran nilai-nilai disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut data dikumpulkan melalui observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan meliputi data yang berasal dari instrumen lembar pedoman wawancara serta dokumentasi seperti silabus dan RPP. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Melalui proses wawancara dengan guru mata pelajaran PKn sebagai narasumbernya peneliti berusaha mengumpulkan dokumen seperti Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Silabus yang didalamnya memuat aturan tata tertib dan isi Kompetensi Dasar semester ganjil yang memuat tentang pembelajaran nilai-nilai disiplin dalam PKn kelas XI yaitu (a) 3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan (b) 3.2 Menganalisis dampak kepercayaan pemerintah yang tidak transparan (c) 3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Strategi pembelajaran yang ditampilkan adalah salah satu pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw dimana model pembelajaran tersebut bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir artinya tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah bukan sekedar siswa dapat menguasai sejumlah materi pelajaran akan tetapi bagaimana siswa dapat mengembangkan gagasan-gagasan dan ide-ide melalui kemampuan berbahasa secara verbal dalam memecahkan permasalahan soal yang telah diberikan oleh guru PKn. Keterkaitan nilai-nilai disiplin dengan tata tertib yakni setiap pelanggaran tata tertib sekolah akan diberikan poin atau bobot angka yang menunjukan kesalahan yang diperbuat. Poin atau bobot angka ini nantinya akan ditotal menjadi laporan pada tiap akhir tahun pelajaran. Bagi siswa yang telah masuk atau melebihi bobot angka tersebut akan dikenai sanksi sesuai dengan yang telah diatur dalam tata tertib sekolah. Sanksi akan diberikan sesuai dengan derajat kesalahan yang telah ditentukan dalam tata tertib sekolah. Kendala yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran nilai-nilai disiplin sebagai upaya penegakan tata tertib yakni terdiri dari berbagi faktor diantaranya (1) Terlambat sekolah (2) Menyontek (3) Tidak mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru (4) ramai didalam kelas ketika proses KBM (5) bolos sekolah (6) keluar dari kelas pada saat jam pelajaran berlangsung. Dari penelitian di atas maka dikemukakan saran sebagai berikut (1) Siswa diharapkan agar memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan dan mentaati tata tertib yang berlaku disekolah (2) Guru hendaknya memberikan sanksi yang tegas kepada siswa apabila melanggar aturan tata tertib sekolah sehingga memberikan efek jera dan menjadi contoh bagi siswa lain untuk tidak melakukan pelanggaran serta guru mampu menjadi mitra dialog bagi siswa yang bermasalah melanggar aturan tata tertib (3) Pengawasan dari pihak sekolah harus lebih ditingkatkan karena untuk menciptakan kondisi disiplin siswa disekolah membutuhkan peran yang tegas dari berbagai semua pihak sekolah terutama mengenai perilaku dan seluruh kegiatan di sekolah pada umunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51676

Actions (login required)

View Item View Item