Pengembangan komik sebagai media pembelajaran pendidikan anti korupsi yang terintegrasi dalam matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Ar Rohmah Putri Dau Malang / Erna Antika

Antika, Erna (2013) Pengembangan komik sebagai media pembelajaran pendidikan anti korupsi yang terintegrasi dalam matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Ar Rohmah Putri Dau Malang / Erna Antika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: pengembangan, komik, media pembelajaran, korupsi, pendidikan antikorupsi, integrasi Korupsi sangat merugikan kelangsungan hidup bernegara dan sudah mewabah di masyarakat. Upaya pemberantasan korupsi dilakukan dengan cara preventif dan represif, yaitu aspek pencegahan dan aspek penegakan. Aspek pen-cegahan dilakukan dalam bentuk pendidikan anti korupsi. Pendidikan anti korupsi pada sekolah dilakukan dengan integrasi pendidikan anti korupsi kedalam matapelaja?¼ran PKn. Diperlukan media atau alat bantu yang digunakan dalam belajar. Media yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam mempelajari materi pendidikan anti korupsi adalah komik. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan komik sebagai media pembelajaran tentang pendidikan anti korupsi yang berkualitas, menarik dan efektif dalam matapelajaran Pendidikan Kewargane?¼garaan di SMP Ar Rohmah Putri Dau Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif yang terdiri dari kegiatan analisis materi pembelajaran, perumusan tujuan, desain media, produksi, prototipe media, validasi, revisi, uji coba, dan produk akhir. Jenis data dalam pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase angket ahli media sebesar 85 % , angket dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 93,33 % dan dinyatakan valid. Uji coba kepada siswa menghasilkan persentase 84,04 % berkaitan dengan kualitas komik dan 92,79% ber?¼kaitan dengan minat siswa terhadap penggunaan media komik. Persentase keseluru?¼han 88,41 % dan dinyatakan valid sehingga bisa digunakan dalam kegiatan pembela?¼jaran. Revisi dilakukan berdasarkan hasil angket dan masukan dari ahli dan hasil ang?¼ket yang persentasenya kurang dari 80%. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan ko?¼mik yang dihasilkan valid, menarik, dan efektif sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP kelas VIII. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah melakukan uji coba kembali terhadap komik hasil pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan komik yang benar-benar berkualitas sebagai media pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51675

Actions (login required)

View Item View Item