Penerapan metode role playing atau bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Frista Wahyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode role playing atau bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Frista Wahyu

Wahyu, Frista (2012) Penerapan metode role playing atau bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Frista Wahyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode role playing motivasi belajar siswa Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan sebuah pembelajaran yang bukan hanya menuntut siswa berperilaku sesuai aturan dan norma yang ada tapi juga menuntut siswa membentuk pola kepribadian siswa untuk menjadi warga negara yang unggul nantinya. Dalam rangka pembentukan pola sikap ini dibutuhkanlah sebuah metode pembelajaran tepat guna yang bukan hanya dapat menyampaikan materi pembelajaran PKn tetapi juga dapat membentuk pola sikap siswa. Metode pembelajaran tersebut haruslah metode pembelajaran yang aktif dengan melibatkan aspek kognitif afektif serta psikomotorik siswa. Sehingga nantinya siswa lebih termotivasi untuk mengikuti serta mempelajari mata pelajaran PKn. Tapi dalam pelaksanaannya guru seringkali menerapkan metode pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif dan kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode role playing atau bermain peran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian quasi experimental design dengan design monequivalent control group design. Pada penelitian ini melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sebagai kelas kontrol adalah VII. 3 dan kelas eksperimen adalah kelas VII.2. Kelas kontrol diajar dengan menggunakan metode yang biasa digunakan oleh guru yaitu metode ceramah. Sedangkan pada kelas eksperimen diajar menggunakan metode role playing. Mula-mula siswa diberi soal pretest terlebih dahulu kemudian diberikan perlakuan terhadap keduanya yaitu berupa pembahasan materi dengan menggunakan metode pembelajaran kemudian di akhir pelajaran diberikan soal posttest dan angket. Untuk menguji motivasi belajar siswa digunakanlah uji t. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh t hitung 3 3 dan t tabel 2 552. Sehingga t hitung t tabel artinya terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan motivasi belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran PKn juga terlihat dalam rata-rata hasil perolehan kemampuan akhir atau post-test setelah adanya perlakuan. Diketahui rata-rata hasil perolehan kemampuan akhir atau post-test pada kelas eksperimen adalah 97.43 dan untuk kelas kontrol sebesar 90.43. Perolehan hasil prosentase motivasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berbeda. Hal ini terbukti dengan ketekunan siswa dalam membaca buku mata pelajaran PKn pada kelas eksperimen sebesar 11.76% sangat sering membaca buku mata pelajaran PKn 50.00% sering membaca buku mata pelajaran PKn dan 38.24% jarang membaca buku mata pelajaran PKn. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3.12% siswa sangat sering membaca buku mata pelajaran PKn 9.38% siswa sering membaca buku mata pelajaran PKn 46.88% siswa jarang membaca buku mata pelajaran PKn dan 40.62% siswa tidak pernah membaca buku mata pelajaran PKn. Selanjutnya untuk keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat pada kelas eksperimen sebesar 35.29% siswa sangat aktif dalam mengemukakan pendapat di kelas sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 21.88% siswa yang aktif dalam mengemukakan pendapat di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga sangat disarankan untuk pembelajaran di kelas sebagai metode pembelajaran saat guru mengajar. Terutama materi-materi yang bersifat penanaman sikap dan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51670

Actions (login required)

View Item View Item