Pemanfaatan Taman Alun-alun Kota Batu sebagai sumber belajar / Maksum Akbar

Akbar, Maksum (2016) Pemanfaatan Taman Alun-alun Kota Batu sebagai sumber belajar / Maksum Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akbar, Maksum. 2016. Pemanfaatan Taman Alun-alun Kota Batu Sebagai Sumber Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Zulkarnain Nasution, M.Pd, M.Si (II) Drs. Nurhadi, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan, taman kota, sumber belajar Taman kota sebagai salah satu ruang terbuka hijau dapat berfungsi sebagai tempat berinteraksi sosial, tempat bermain, hingga tempat rekreasi. Taman kota sebagai ruang terbuka merupakan tempat yang ditujukan untuk warga masyarakat umum. Sebagai salah satu ruang terbuka hijau, taman kota juga dapat berfungsi sebagai salah satu sumber belajar. Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses/aktivitas pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung, di luar diri peserta didik (lingkungan) yang melengkapi diri mereka pada saat pengajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat taman kota. Taman kota memiliki banyak manfaat dalam aspek sumber daya manusia, sumber daya alam, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, informasi, administrasi, pertahanan, keamanan, fungsi lindung, budidaya, dan estetika lingkungan dimensi ruang dan waktu yang dalam kesatuan secara utuh menyeluruh serta berkualitas. Namun dalam hal pendidikan masih belum banyak yang mengetahui manfaat taman kota. Oleh karena itu diharapkan penelitian ini dapat menunjukkan bahwa taman kota adalah salah satu sumber belajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian berupa paparan mengenai fasilitas dan perilaku pengunjung ketika berada di alun-alun kota Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, display data, serta verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan tentang manfaat taman kota sebagai sumber belajar yang bersifat insidental. Taman alun-alun kota termasuk sumber belajar yang tidak dirancang untuk belajar. Namun, setiap pengunjung yang datang secara sadar atau tidak sadar dapat memanfaatkan fasilitas sebagai sumber belajar. Ada beberapa sumber belajar yang ditemukan pada taman seperti contohnya adalah papan larangan sebagai sumber belajar yang berupa pesan, perilaku pengunjung sebagai sumber belajar yang berupa orang, bianglala sebagai sumber belajar yang berupa alat, dan juga sumber belajar berupa lingkungan. Saran penelitian diharapkan pemerintah kota Batu lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan di taman yang berfungsi sebagai sumber belajar. Selain itu, pengunjung yang datang juga harus dapat memperhatikan lingkungan sekitar serta saling menjaga ketertiban dan kebersihan taman alun-alun. Hal ini agar dapat meningkatkan kenyamanan ketika berkunjung ke taman alun-alun kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item