Pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Laboratorium UM Kota Malang / Ermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Laboratorium UM Kota Malang / Ermawati

Ermawati (2012) Pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Laboratorium UM Kota Malang / Ermawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Moral Anak Usia Dini Banyaknya perilaku menyimpang (kasus kriminal) yang dilakukan oleh para remaja saat ini khususnya pelajar seperti penggunaan narkotika dan obatobat terlarang (narkoba) tawuran pelajar pornografi perkosaan merusak milik orang lain perampasan penipuan pengguguran kandungan penganiayaan perjudian pelacuran bahkan sampai pembunuhan menunjukkan merosotnya nilainilai budaya Jawa seperti sopan santun dan tata karma serta menurunnya nilainilai moral pada remaja (pelajar) sebagai penerus bangsa. Berdasarkan fenomena di atas semakin dirasakan perlunya pendidikan dan pembelajaran moral bagi anak sejak dini. Pembelajaran moral perlu diajarkan sedini mungkin karena bukan sekedar bertujuan untuk memberi pengetahuan (kecerdasan intelektual) tetapi mempersiapkan mental dan fisik anak untuk mengenal dunia sekitarnya secara lebih adaptive (bersahabat) sehingga menjadi sikap dan perilaku anak menjelang kematangan kepribadiannya dan berfungsi untuk membantu dan mengarahkan proses tumbuh kembang anak agar lebih terarah dan terpadu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup (1) pengembangan struktur kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada TK Laboratorium UM (2) perencanaan pembelajaran yang meliputi materi metode media dan penilaian dalam melaksanakan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada TK Laboratorium UM (3) kegiatan belajar mengajar dalam melaksanakan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada TK Laboratorium UM (4) peran orang tua atau keluarga dalam pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada TK Laboratorium UM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai yaitu kepala sekolah guru wali kelas dan wali murid siswa sumber tertulis yang didapatkan melalui sumber buku buku terbitan pemerintah dan dokumen resmi sekolah serta foto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa penyusunan daftar pertanyaan dan pencatatan dokumen. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Temuan penelitian dikemukakan bahwa (1) Pengembangan struktur kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran moral bagi anak usia dini pada TK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51669

Actions (login required)

View Item View Item