Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan / Mi'raj Al Abshori - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan / Mi'raj Al Abshori

Abshori, Mi'raj Al (2012) Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan / Mi'raj Al Abshori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Integrasi pendidikan karakter pembelajaran PKn. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif pada lingkungannya. Oleh sebab itu pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat urgen untuk segera diimplementasikan di sekolah baik pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran salah satunya melalui guru PKn sebagai rumah kedua setelah keluarga. Penelitian ini untuk mengungkap integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dan penerapannya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai Karakter Bangsa di MAN Pamekasan (2) materi PKn di MAN Pamekasan (3) wujud integrasi pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan (4) pembelajaran pendidikan karakter terintegrasi dalam PKn di MAN Pamekasan (5) kendala dalam pengintegrasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan (6) upaya mengatasi kendala dalam pengintegrasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan. Subyek Penelitian/Informan adalah kepala sekolah waka kurikulum guru PKn guru BP/BK dan siswa. Untuk pengumpulan datan penelitian dalam hal ini peneliti bantu Lembar Panduan Wawancara Lembar Pengamatan dan Lembar Catatan Dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) materi Pendidikan Karakter di MAN Pamekasan antara lain a) Nilai Religius b) Nilai tanggung jawab c) Nilai cinta tanah air d) Nilai cinta ilmu e) Nilai demokratis dan f) Nilai Kreatif. (2) Materi PKn di MAN Pamekasan adalah a). Hakekat bangsa dan kesatuan republik Indunesia b). Sistem hukum dan peradilan nasional c). Hak asasi manusia d) Hubungan dasar negara dengan konstitusi e). Warga negara dan pewarganegaraan dan f) Sistem politik. (3) Wujud integrasi pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan adalah a) Membuat silabus yang berkarakter b) membuat RPP yang berkarakter c) Menanamkan nilai-nilai karakter pada saat pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan wujud lain yang dilakukan dalam bentuk program tahunan yang meliputi a) Program sekolah bidang akademik/ pengajaran yaitu dimana materi pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran. b) Program sekolah bidang kesiswaan yaitu merupakan kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan karakter. (4) Pembelajaran pendidikan karakter terintegrasi dalam PKn di MAN Pamekasan meliputi tiga tahap yaitu a) ii tahap perencanaan b) tahap pelaksanaan dan c) tahap penilaian. (5) kendala dalam pengintegrasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan terdiri dari dua faktor yaitu kendala internal dan eksternal madrasah. (6) Upaya mengatasi kendala dalam pengintegrasian dan pembelajaran pendidikan karakter dalam PKn di MAN Pamekasan meliputi upaya internal dan upaya eksternal. Berdasarkan temuan penelitian diajukan beberapa saran antara lain (1) bagi sekolah perlu peningkatan dan berkelanjutan tentang program sekolah berbasis karakter baik melalui intrakurikuler maupun esktrakurikuler agar dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki siswa dalam rangka membantu proses tugas perkembangan nilai-nilai sikap moral dan perilaku yang diharapkan. (2) Bagi Guru perlu memahami aspek-aspek psikis dan kepribadian siswa secara teliti dan objektif agar dengan demikian dapat dicegah kemungkinan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang dan memudahkan guru dalam memberikan pendidikan dan pengajaran karakter kepada siswa sesuai dengan tugas perkembangan usianya. (3) Bagi Orang Tua Siswa hendaknya perlu proaktif dan menjalin kerjasama yang baik melalui komunikasi yang intensif kepada pihak sekolah dan guru termasuk guru PKn agar setiap permasalahan yang muncul pada diri sendiri baik dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran dalam hal ini putra-putrinya dapat ditanggulangi secara dini. (4) Bagai Peneliti lain perlu adanya penelitian lebih lanjut dan secara mendalam berkaitan dengan temuan penelitian ini agar dapat membantu pihak sekolah dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51668

Actions (login required)

View Item View Item