Pengintregrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada siswa tunagrahita Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Sekolah Luar Biasa (SLB) pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Mindarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengintregrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada siswa tunagrahita Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Sekolah Luar Biasa (SLB) pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Mindarwati

Mindarwati (2012) Pengintregrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada siswa tunagrahita Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Sekolah Luar Biasa (SLB) pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Mindarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan karakter pembelajaran siswa tunagrahita Dunia pendidikan terdapat dua macam pelaku belajar yang biasa disebut dengan siswa. Ada siswa yang normal dan siswa yang diluar batas normal. Peran pendidikan sangatlah penting baik bagi siswa normal maupun siswa yang memiliki keterbatasan untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki mutu dalam pembangunan bangsa. Di dalam dunia pendidikan tidak ada diskriminasi walaupun anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam kegiatan pembelajaran. Seperti halnya program pemerintah tentang pendidikan karakter yang sekarang ditingkatkan dalam pendidikan formal. Pentingnya upaya peningkatan pendidikan karakter pada jalur pendidikan tidak hanya dilakukan pada anak-anak normal melainkan juga anak-anak yang memiliki keterbatasan. Seperti anak-anak yang tumbuh secara normal anak tunagrahita juga merupakan bagian dari suatu bangsa sekaligus sebagai generasi penerus perjuangan cita-cita bangsa yang juga berhak untuk mendapatkan pendidikan karakter. Selain itu pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa tunagrahita SMALB di SLB Pembina Tingkat Nasional Malang (2) mendeskripsikan hambatanhambatan yang dihadapi oleh guru dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa tunagrahita SMALB di SLB Pembina Tingkat Nasionala Malang dan (3) mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada siswa tunagrahita SMALB di SLB Pembina Tingkat Nasionala Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini secara umum implementasi pendidikan karakter sudah dilaksanakan tetapi guru belum mengintegrasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn. Oleh karena itu dalam penelitian peneliti mengajar materi gotong royong dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menyusun silabus dan RPP yang berkarakter. Prosedur penyususnan silabus sebagai berikut (1) menentukan nilai-nilai karakter sesuai dengan materi pembelajaran yang cocok dengan SK/KD (2) nilai-nilai karakter dikembangkan melalui indikator pengalaman belajar dan teknik penilaian dan (3) memasukkan nilai-nilai karakter didalam kolom tersendiri. Selanjutnya prosedur penyusunan RPP berkarakter ii adalah (1) Penyusunan RPP berdasarkan silabus dengan mengintegrasikan nilainilai karakter pada RPP (2) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam RPP dengan memasukkan dan menjabarkan nilai-nilai karakter kedalam indikator tujuan pembelajaran kegiatan pembelajaran atau langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter di kelas terdiri dari tiga kegiatan yaitu (1) kegiatan pendahuluan (2) kegiatan inti dan (3) kegiatan penutup. Sedangkan pada tahap penilaian dalam pembelajaran PKn yang sudah terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter bentuk penilaian yaitu (1) tes lisan (2) penilaian pengembangan diri. Terdapat dua faktor penghambat dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn yaitu faktor guru dan siswa. Terkait dengan faktor guru hambatan yang dihadapi adalah pada tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Hambatan yang dihadapi terkait dengan faktor siswa yaitu kondisi psikologis dan IQ siswa tunagrahita Upaya guru mengatasi (1) pada tahap perencanaan adalah guru meminta kepada peneliti mengajar materi gotong royong yang sudah terintegrasi dalam pembelajaran PKn dan mengikuti workshop (2) tahap pelaksanaan upaya yang dilakukan guru adalah (a) menggulangi kembali materi (b) memberikan pekerjaan rumah (c) dalam menyampaikan materi menggunakan bahasa yang sederhana memberikan contoh-contoh gambar guru melakukan pendekatan pada setiap siswa guru dalam mengajar harus sabar dan tulus ikhlas (3) pada tahap penilaian sesuai dengan pengalaman peneliti penilaian dilakukan dengan penilain pengembangan diri yaitu melihat sikap dan perilaku siswa. Terkait dengan faktor siswa usaha yang dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang memungkinkan terjadi interaksi antar siswa dan menyampaikan materi dengan menggunakan gambar memberikan contoh terkait dengan kehidupan sehari-hari. Peneliti memberi beberapa saran kepada guru kelas di SLB Pembina Tingkat Malang sebagai berikut (1) mengingat siswa tunagrahita cenderung pelupa seyogyanya guru mengulangi materi. (2) guru diharapkan sering memberikan motivasi kepada siswa (3) Guru seyogyanya melakukan pendekatan kepada siswa (4) guru diharapakan lebih kreatif dan inovatif dalam merancang metode pembelajaran yang dapat memunculkan nilai-nilai karakter (5) Guru diharapkan dapat menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa karena nilai-nilai karakter yang dikembangkan tidak bisa disamakan dengan siswa normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51661

Actions (login required)

View Item View Item