Penggunaan multi metode dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang/ Maichel Aditiyas Suhendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan multi metode dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang/ Maichel Aditiyas Suhendra

Suhendra, Maichel Aditiyas (2012) Penggunaan multi metode dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang/ Maichel Aditiyas Suhendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Multi Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan sebagai garda terdepan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Pendidikan Kewarganegaraan adalah sebagai pembentuk moral masyarakat Indonesia sekaligus sebagai dasar dalam bertingkah laku sehari-hari. Pada dasarnya di zaman globalisasi seperti sekarang ini banyak pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Untuk mengurangi dampak negatif dari globalisasi Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dalam mendidik generasi bangsa Indonesia agar lebih berwawasan dan lebih bijak dalam menghadapi perkembangan zaman untuk itu peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah sangatlah penting. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dilakukan oleh guru menjadi kunci keberhasilan pembelajaran agar pembelajarannya sendiri bisa di terima oleh siswa dan bisa dilaksanakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kreatifitas guru dalam menggunakan multi metode sangat diperlukan untuk pencapaian tujuan pembelajaran bisa tercapai. Peran guru dalam melakukan pembelajaran dikelas inilah yang menjadikan penelitian ini harus dilakukan agar bisa mengetahui seperti apa usaha guru dalam menanamkan nilai-nilai yang ada dalam Pendidikan Kewarganegaraan kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini yaitu (1) pertimbangan guru dalam menggunakan multi metode dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen (2) hambatan yang dialami guru dalam pemilihan multi metode pada proses pembelajaran PKn kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 kepanjen (3) cara mengatasi hambatan dalam pemilihan multi metode pada pembelajaran PKn kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen (4) multi Metode yang dipergunakan dalam proses Pembelajaran PKn kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa (1) pertimbangan guru dalam menggunakan multi metode dalam pembelajaran PKn di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen adalah waktu karakter siswa kesesuaian materi dengan metode dan media yang mendukung penggunaan multi metode (2) hambatan dalam pemilihan multi metode diklasifikasikan menjadi dua yaitu hambatan dari luar antara lain penyesuaian metode dengan tujuan pembelajaran materi dan alokasi waktu. (3) cara mengatasi hambatan dari luar dalam pemilihan multi metode antara lain guru harus mengetahui kelebihan dan kekurangan multi metode yang akan digunakan guru harus bisa mengenal karakter siswa dikelas guru menyiapkan media yang mendukung penggunaan multi metode dan guru ii harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas. (4) multi metode yang digunakan dalam pembelajaran PKn kelas VIII di sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen antara lain Ceramah Sosio drama Tanya jawab dan Ceramah Tanya jawab Bassgroup. Berdasarkan penelitian ini maka ada beberapa saran yaitu Agar tujuan pembelajaran disekolah bisa terwujud Seyogyanya calon guru memantapkan metode yang akan dipergunakan dengan pertimbangan yang matang. Agar proses pembelajaran disekolah tidak mengalami kendala dan selalu mengikuti perkembangan jaman seyogyanya guru menggunakan RPP yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Agar pembelajaran dikelas berjalan lancar seyogyanya guru bisa mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran. Agar hambatan dalam pemilihan multi metode tidak menjadi masalah seyogyanya guru mengklasifikasikan hambatan-hambatan tersebut untuk diselesaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51657

Actions (login required)

View Item View Item