Strategi paikem pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang / Angga Dwi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi paikem pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang / Angga Dwi Saputra

Saputra, Angga Dwi (2012) Strategi paikem pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang / Angga Dwi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PAIKEM Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan adalah suatu hal yang harus dipenuhi dalam upaya meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia agar tidak sampai tertinggal dengan bangsa lain. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pemerintah memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang dikenal KTSP. Guna meningkatkan pendidikan bagi siswa maka perlu untuk melakukan pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektive dan Menyenangkan atau yang disebut dengan PAIKEM. Dengan ini diharapkan seorang guru akan mampu mencapai profesionalisme guru sesuai dengan amanat Undang-undang sehingga dapat diharapkan tercapainya peningkatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (2) mendeskripsikan kegiatan inti yang dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (3) mendeskripsikan kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (4) mendeskripsikan faktor penunjang pelaksanaan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (5) mendeskripsikan kendala kendala dalam penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang (6) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan oleh guru PKn masih termasuk dalam pembelajaran konvensional. Kegiatan inti yang dilakukan oleh guru termasuk pembelajaran (a) aktif yaitu terlihat ketika siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan persoalan yang telah diberikan oleh guru (b) inovatif yaitu terlihat ketika guru membuat soal - soal pertanyaan dan munculnya berbagai jawaban atau pendapat siswa mengenai soal yang diberikan oleh guru (c) kreatif yaitu tampak pada guru menyampaikan materi dalam bentuk power point yang diberi dengan gambar - gambar dan siswa mencatat atau membuat rangkuman dari materi yang di tampilkan oleh guru (d) efektif yaitu ini tampak pada saat guru sudah menyampaikan materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang direncanakan sudah terlaksanakan tepat waktu (e) menyenangkan yaitu terlihat pada saat siswa berani untuk menjawab pertanyaan dari guru siswa berinteraksi dengan teman kelompoknya dan siswa mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi. Pada Kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan guru termasuk pembelajaran (a) aktif yaitu terlihat ketika siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan (b) menyenangkan yaitu terlihat pada saat siswa mendapatkan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Faktor penunjang dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) guru bisa memaparkan materi dalam bentuk power point dan guru bisa membuat beragam evaluasi. (b) SMP Negeri 20 Malang memilki 2 ruang media juga tiga buah LCD dan dua buah sound system yang bisa di bawa ke ruang kelas di perpustakaan juga mempunyai koleksi buku penunjang pelajaran yang cukup banyak. Kendala dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) ada siswa yang kurang bisa berkomunikatif dengan temannya dan ada siswa yang ramai saat diskusi. (b) kurangnya jumlah LCD yang digunakan oleh guru untuk memaparkan materi dalam bentuk power point. Upaya untuk mengatasi kendala dalam penerapan strategi PAIKEM adalah (a) guru memberi perhatian lebih kepada siswa yang kurang bisa berkomunikatif dengan temannya dan bagi siswa yang ramai guru langsung menghampirinya untuk dikondisikan. (b) guru harus memesan LCD di bagian perlengkapan jauh hari sebelumnya sehingga mengetahui apakah akan menggunakan ruang media atau membawa LCD ke ruang kelas dan bila terpakai semua maka guru harus mencari hari lain untuk menggunakannya. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut peneliti memberi beberapa saran kepada guru PKn sebagai berikut (1) agar tercipta suasana yang menyenangkan dari awal pelajaran seyogyanya guru PKn mengajak siswa untuk bernyanyi saat membuka pelajaran agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran (2) agar siswa tidak jenuh dalam pelajaran seyogyanya guru PKn lebih kreatif dan inovatif dalam merancang metode dan media pembelajaran (3) untuk dapat mengatasi siswa yang kurang bisa komunikatif dengan temannya dan mengatasi siswa yang ramai seyogyanya guru PKn mempelajari psikologi pendidikan agar pembelajaran berlangsung secara maksimal (4) guru PKn seyogyanya menstimulus siswa dalam diskusi agar mereka aktif bertanya dan menanggapi sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik (5) guru PKn seyogyanya lebih sering memberi semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika mengikuti proses pembelajaran (6) pihak sekolah seyogyanya bisa mencukupi kebutuhan sarana dan prasarana sekolah sehingga guru bisa lebih berinovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51656

Actions (login required)

View Item View Item