Motivasi mahasiswa angkatan 2008-2011 Jurusan Hukum dan Kewarganergaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang terhadap profesi guru PKN / Dedi Handriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi mahasiswa angkatan 2008-2011 Jurusan Hukum dan Kewarganergaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang terhadap profesi guru PKN / Dedi Handriyanto

Handriyanto, Dedi (2012) Motivasi mahasiswa angkatan 2008-2011 Jurusan Hukum dan Kewarganergaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang terhadap profesi guru PKN / Dedi Handriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Profesi guru Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral pertama dan utama. Motivasi merupakan faktor penting pada mahasiswa dalam menentukan profesi apa yang mereka pilih. Motivasi merupakan proses yang menjelaskan intensitas arah dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apa motivasi intrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 terhadap profesi guru PKn (2) apa motivasi ekstrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 terhadap profesi guru PKn Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Subyek penelitian adalah 55 orang mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang yang terpilih sebagai sampel penelitian. Sedangkan tekhnik analisis data atau pengolahan data menggunakan rumus umum prosentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) motivasi intrinsik mahasiswa terhadap profesi guru Pkn adalah guru PKn merupakan profesi yang mulia yang menyatakan setuju (S) sebanyak 100% (2) motivasi ekstrinsik mahasiswa terhadap profesi guru PKn adalah mahasiswa ingin menjadi guru PKn karena Jurusan HKN Universitas Negeri Malang adalah lembaga keguruan yang mempersiapkan tenaga pendidik atau guru professional yang menyatakan setuju (S) sebanyak 95% sedangkan yang tidak setuju (TS) sebanyak 5%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi intrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 jurusan Hukum dan Kewarganegaraan adalah guru PKn merupakan profesi yang mulia (2) motivasi ekstrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 jurusan Hukum dan Kewarganegaraan adalah mahasiswa ingin menjadi guru PKn karena Jurusan HKN Universitas Negeri Malang adalah lembaga keguruan yang mempersiapkan tenaga pendidik atau guru professional. Dari hasil kesimpulan tersebut saran yang diajukan yaitu bagi mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan yang memiliki motivasi terhadap profesi guru PKn hendaknya sejak dini mempersiapkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai calon guru PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51654

Actions (login required)

View Item View Item