Persepsi peserta didik perihal pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri Kota Blitar / Anjar Priyo Asmoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta didik perihal pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri Kota Blitar / Anjar Priyo Asmoro

Asmoro, Anjar Priyo (2012) Persepsi peserta didik perihal pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri Kota Blitar / Anjar Priyo Asmoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Peserta Didik Pembelajaran PKn. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam proses pendidikan. Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan peserta didik untuk mengenal aturan dasar kewarganegaraan media untuk mengajarkan kehidupan politik mendidik untuk lebih memiliki toleransi dan tenggang rasa memberikan pengetahuan tentang peraturan negara yang mengikat agar para peserta didik bisa hidup dalam aturan hukum yang berlaku sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Persepsi peserta didik merupakan cerminan guru untuk menjadikan seorang yang kreatif dalam melakukan pembelajaran bersama peserta didiknya. Seorang guru harus mampu membuat model pembelajaran yang efektif sekaligus menarik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Persepsi peserta didik perihal pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar (2) Persepsi peserta didik perihal materi pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar (3) Persepsi peserta didik perihal metode pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar (4) Persepsi peserta didik perihal media pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar (5) persepsi peserta didik perihal evaluasi pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar (6) kendala dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri Kota Blitar (7) upaya mengatasi kendala dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 SMP Negeri 3 SMP Negeri 4 kota Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru serta siswa SMP Negeri Kota Blitar dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen kunci yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan cara reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan conclution drawing/varification. Temuan penelitian sebagai berikut Persepsi peserta didik perihal pembelajaran PKn di SMP Negeri kota Blitar adalah sebagai berikut (a) pembentukan karakter diri berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (b) diharapkan siswa memiliki kemampuan berfikir rasional kritis dan kreatif. (c) diharapkan siswa memiliki keterampilan intelektual dan keterampilan berpartisipasi secara demokratis dan bertanggung jawab. (d) memiliki watak dan kepribadian yang baik. (e) sebagai wahana untuk melestarikan nilai luhur. (f) untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air (2) Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari pengetahuan keterampilan dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Adanya maeteri pembelajaran di SMP Negeri Blitar sangat membantu siswa ataupun guru dalam memahami dan menyampaikan materi pembelajaran PKn. (3) Tujuan utama penggunaan metode pembelajaran adalah untuk membantu siswa agar dapat dengan mudah menyerap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. (4) Tujuan penggunaan media pembelajaran adalah sebagai alat bantu yang dugunakan dalam suatu proses pembelajaran sehingga dapat mendorong serta memotivasi siswa agar tercapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. (5) Evaluasi pembelajaran PKn di SMP Negeri Kota Blitar diantaranya adalah (a) untuk mengetahui kemajuan belajar siswa (b) untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran (c) untuk mengetahui kedudukan siswa dalam kelompoknya (d) untuk memperoleh masukan atau umpan balik bagi guru. (6) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran adalah (a) keterbatasan waktu. (b) kurangnya keaktifan siswa. (c) rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi PKn. (d) membiasakan siswa dalam menerapkan Norma-norma. (7) Upaya mengantasi kendala dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri Kota Blitar (a) guru haurus lebih giat dalam berupaya mengembangkan pembelajaran pedidikan kewarganegaraan sesuai dengan perkembanga jaman (b) memberikan tugas kelompok maupun tugas individu (c) membiasakan siswa untuk menerapkan norma-norma didalam lingkungan sekolah. Berdasarkan temuan di atas saran yang diajukan sebagai berikut (1) Siswa harus bisa belajar sendiri dan harus dapat mengembangkan pengetahuan pelajaran PKn. (2) Guru harus lebih kreatif mengembangkan perangkat ataupun metode pembelajran yang sudah ada saat ini. (3) Guru harus bisa mengelola kelas agar kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat diantisipasi. (4) Siswa harus lebih giat dalam belajar agar kekurangan siswa dalam memahami materi PKn yang bersifat teoritis bisa dikurangi. (5) Guru harus bisa membiasakan siswa dalam menerapkan Norma-norma. (6) Guru harus mencari alternatif lain untuk dapat mencari jalan keluar agar masalah dalam pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan umum pembelajaran PKn. (7) Guru harus mencari inovasi lain untuk dapat mencari jalan keluar agar masalah dalam pembelajaran dapat diatasi sesuai dengan kebutuhan siswa. (8) Sebagai lembaga pendidikan guru PKn perpustakaan di jurusan Hukum dan kewarganegaraan perlu adanya penambahan karya ilmiah sebagai referensi bagi calon guru PKn untuk dapat mengatasi kelemahan dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51651

Actions (login required)

View Item View Item