Pengembangan nilai moral melalui kreativitas majalah dinding (mading) di SMA Negewri 2 Kabupaten Nganjuk / Reni Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan nilai moral melalui kreativitas majalah dinding (mading) di SMA Negewri 2 Kabupaten Nganjuk / Reni Dwi Astuti

Astuti, Reni Dwi (2012) Pengembangan nilai moral melalui kreativitas majalah dinding (mading) di SMA Negewri 2 Kabupaten Nganjuk / Reni Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Nilai Moral Kreativitas Majalah Dinding Mading merupakan salah satu media massa disekolah yang berperan sebagai media informasi dan pendidikan di sekolah. Majalah dinding berfungsi sebagai wahana pengembangan kreativitas siswa dalam bidang jurnalistik. Mading disajikan secara visual seperti puisi artikel gambar foto dan poster. Mading dikembangkan melalui potensi kreativitas yag dimiliki siswa. Melalui pengembangan potensi kreativitas siswa mading digunakan sebagai pengembangan nilai moral di sekolah. Melalui hasil karya siswa yang didalammya mengandung makna dan arti nilai-nilai moral. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahuai wawasan nilai moral siswa potensi kreativitas siswa proses pengembangan nilai moral melalui potensi kreativitas mading ragam pesan moral yang terkandung dalam makna mading respon pembaca terhadap peningkatan mading sebagai pengembangan nilai moral dan kendala pengembangan nilai moral melalui kreativitas mading. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mencapai tujuan tersebut data dikumpulkan melalui observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan meliputi data yang berasal dari berlangsungnya proses kegiatan pengembangan nilai moral melalui kreativitas mading di SMA Negeri 2 Nganjuk dan sejumlah orang yang terlibat dalam kegiatan. Untuk menjaga validitas data maka peneliti melakukan peningkatan ketekunan triangulasi dan member check. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 2 Nganjuk telah memiliki wawasan tentang nilai moral. Hasil paparan data menunjuka bahwa pengertian nilai moral menurut siswa adalah perilaku baik dan buruk dari seseorang perilaku yang baik yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat digunakan sebagai pedoman untuk berperilaku seharihari. Potensi kreativitas mading yang dimiliki siswa SMA Negeri 2 Nganjuk sangat beragam seperti misalnya potensi membuat puisi membuat artikel potensi menggambar potensi membuat foto potensi dalam bidang design grafis potensi membaca puisi dan berpidato potensi sebagai penulis dan potensi dalam membuat hiasan dan kreativitas mading. Proses pengembangan nilai moral melalui kreativitas mading dilakukan dengan cara memberikan pelatihan membuat mading dengan memberikan pesan-pesan moral mengikutkan lomba atau kompetisi mading memberikan motivasi siswa untuk meningkatka potensi yang dimiliki dan memberikan bimbingan sistem pengolahan mading yang baik. Ragam nilai moral yang terdapat pada produk atau hasil karya siswa adalah nilai moral pantang menyerah memiliki rasa simpati dan empati terhadap orang lain peduli terhadap orang lain saling tolong-menolong memiliki jiwa yang tabah dan kuat cinta tanah air memiliki sikap patriotisme. Respon pembaca terhadap peningkatan mading sebagai pengembangan nilai moral adalah peningkatan kreativitas mading lebih disukai karena hasil karyanya yang sangat unik dan menarik sehingga membuat tertarik untuk membaca banyaknya informasi dan pengetahuan yang bermanfaat dari mading dan pesan-pesan moral yang disampaikan dalam hasil karya mading bermanfaat bagi pembaca. Kendala dalam pengembangan nilai moral melalui kreativitas mading adalah masih banyak para siswa yang mengangap remeh dan manfaat adanya mading kurangnya pengetahuan siswa terhadap jurnalistik siswa menjadi kurang dalam pembelajaran akademiknya masalah pendanaan mading dari sekolah yang kurang mencukupi. Upaya yang dilakukan adalah membuat mading dengan hiasan dan gambar yang menarik dan memberikan banyak informasi memberikan bimbingan jurnalistik para siswa membatasi waktu dalam kegiatan mading dan mencarikan dana tambahan dari sponsor. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar SMA Negeri 2 Nganjuk tetap mengembangkan potensi kreativitas siswa dalam bidang jurnalistik sebagai wahana pengembangan nilai moral di sekolah. Demi meningkatkan pengembangan potensi siswa dan sekaligus mengajarkan nilai moral yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51645

Actions (login required)

View Item View Item