Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang / Imroatu Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang / Imroatu Sholihah

Sholihah, Imroatu (2012) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang / Imroatu Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Nilai pendidikan karakter mata pelajaran PKn. Mata pelajaran PKn sebagai mata pelajaran wajib di semua jenjang dalam setiap proses aktivitasnya harus bernuansa pengembangan karakter bagi siswa. Proses pembelajaran dalam mata pelajaran PKn di SMP N 7 Malang cenderung sekedar membekali pengetahuan yang berorientasi pada tataran kognitif saja. Kurangnya peran orang tua dan masyarakat dalam memberi teladan budaya asing yang menonjolkan materialistik mempengaruhi gaya hidup siswa sistem evaluasi yang menyebabkan siswa berpikir pragmatis dan mengabaikan proses sehingga siswa bersikap apatis terhadap sikap nilai dan ketrampilan turut menyumbang lumpuhnya jati diri bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan yang dikembangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru PKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn SMPN 7 Malang (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada proses pelaksanaan pembelajaran dalam mata pelajaran PKn di SMPN 7 Malang (3) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pengembangan mata pelajaran PKn kontekstual di SMPN 7 Malang (4) Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di SMPN 7 Malang (5) Upaya untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di SMPN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri7 Malang dengan sumber data dari manusia dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis isi dokumen observasi partisipatif wawancara mendalam serta dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan interactive model. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi nilai pendidikan karakter dalam silabus dilakukan dengan cara (a) menganalisis SK/KD (b) menambah kolom nilai pendidikan karakter (c) merelevankan kegiatan siswa indikator materi serta evaluasi yang akan digunakan dengan nilai pendidikan karakter. Sedangkan dalam RPP dilakukan dengan cara (a) merumuskan tujuan pembelajaran (b) menggunakan metode yang bervariatif (c) menggembangkan langkah pembelajaran (d) manambah sumber belajar (e) menggunakan kuis portofolio dan diskusi kelompok dalam mengevaluasi hasil belajar siswa (2) Implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran belum tercapai dengan maksimal karena pembelajaran dengan metode diskusi kelompok kurang berhasil dan kelas menjadi tidak kondusif tugas tidak dikerjakan oleh siswa serta pengelolaan kelas kurang berhasil (3) Implementasi nilai pendidikan karakter dalam PKn kontekstual berjalan dengan baik melalui pembiasaan kegiatan rutin serta pengkondisian (4) Kendala dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter terdiri dari dua yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal berasal dari siswa dan guru/sekolah. Kendala internal dari siswa meliputi (a) prestasi siswa buruk (b) banyak siswa yang bermasalah (c) siswa belum terbiasa untuk membuang sampah. Kendala internal yang berasal dari guru/sekolah yaitu (a) beban mengajar guru banyak (b) jumlah siswa setiap kelas banyak (c) guru mengejar ketercapaian KKM (d) metode yang cocok untuk nilai pendidikan karakter terkadang tidak sesuai dengan kondisi siswa (e) jumlah guru yang tidak seimbang dengan jumlah siswa (f) BK kewalahan menganani siswa yang bermasalah. Kendala eksternal berasal dari keluarga dan masyarakat yaitu (a) kurangnya partisipasi keluarga (b) kurangnya perhatian dan teladan dari keluarga (c) latar belakang keluarga yang menengah ke bawah menyebabkan keluarga hanya berorientasi pada pemenuhan materi (5) Upaya untuk mengatasi kendala meliputi upaya internal dan upaya eksternal. Upaya internal yaitu (a) pihak sekolah memberikan teladan yang baik (b) sosialisasi pendidikan karakter melalui pembelajaran (c) memberi sanksi kepada siswa yang melanggar (d) pembiasaan (e) perbaikan fasilitas (f) menertibkan bimbingan oleh BK (g) menyediakan organisasi siswa (h) menerbitkan buku pedoman kepribadian (i) mengembangkan model pembelajaran. Upaya eksternal yaitu bekerja sama dengan orang tua/wali murid. Berdasarkan temuan penelitian di atas saran yang diajukan yaitu (a) kepada Kepala Sekolah untuk memberikan kesempatan kepada guru agar mengikuti seminar maupun pelatihan tentang pembelajaran agar guru memiliki pengetahuan yang luas (b) kepada guru mata pelajaran PKn diharapkan guru mampu mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dengan lebih baik dan menarik. Guru juga harus secara kreatif merancang pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kondisi siswa (c) kepada siswa siswa sebaiknya bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar PKn dan bisa menerapkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari (d) kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai landasan dan alasan untuk mengadakan penelitian selanjutnya yang lebih mendalam dan kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51644

Actions (login required)

View Item View Item