Kreativitas guru pendidikan kewarganegaraan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Leni Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreativitas guru pendidikan kewarganegaraan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Leni Kurniawati

Kurniawati, Leni (2012) Kreativitas guru pendidikan kewarganegaraan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Leni Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kreativitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan Proses Pembelajaran. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data informasi atau unsur-unsur yang ada yaitu segala pengalaman yang diperoleh seseorang selama hidupnya baik selama dibangku sekolah maupun yang dipelajarinya dalam keluarga dan masyarakat. Kreativitas guru akan terlihat pada kemandirian berpikirnya dalam arti terbuka menerima dan melepaskan gagasan-gagasan atau ide-ide. Namun dalam pelaksanaannya pembelajaran cenderung terpusat kepada guru (teacher centered) yang membuat sebagian besar aktivitas pembelajaran dilakukan oleh guru sedangkan siswa bersifat pasif (hanya sebagai penonton) menerima informasi dan kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tentang cara guru menerapkan metode pembelajaran PKn di SMP Labororatorium UM (2) Mendeskripsikan tentang keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM (3) Mendeskripsikan tentang pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM (4) Mendeskripsikan tentang cara memotivasi siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM (5) Mendeskripsikan tentang pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dalam memaparkan data dari hasil penelitian di lapangan. Maka dari itu penelitian ini dapat disebut sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Sedangkan Sumber data dari penelitian ini dapat digolongkan sebagai data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui metode pengamatan wawancara dan dokumentasi (recording catatan lapangan dan dokumen) . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Dalam pengecekan keabsahan penemuan maka peneliti menggunakan teknik (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan/keajegan pengamatan dan (3) Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang maka dapat diperoleh lima kesimpulan sebagai berikut. (1) cara guru menerapkan metode pembelajaran PKn di SMP Labororatorium UM yaitu guru menjelaskan materi biasanya selalu menggunakan metode ceramah bervariasi. Metode ini dianggap dapat mempermudah siswa memahami materi yang sedang dipelajari karena guru menjelaskan materi secara mendalam. Metode yang digunakan selain metode ceramah yaitu metode diskusi tanya jawab dan pemberian tugas belajar. (2) keterampilan mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM yaitu dengan merencanakan penjelasan seperti menyusun secara sistemasis pokok-pokok materi pelajaran yang disertai dengan contohnya dan menyajikan penjelasan. (3) pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM yaitu guru mengembangkan media pembelajaran dengan membuat ringkasan materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber yang diringkas menjadi satu dalam modul yang akan digunakan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. (4) cara memotivasi siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM yaitu dengan cara guru memberikan semangat kepada siswa dengan mengatakan bahwa semua siswa dapat berhasil dalam belajar asal berusaha keras rajin tekun dan tidak mengenal kata putus asa akan menimbulkan semangat siswa un belajar. Siswa menjadi tidak takut untuk salah dalam belajar karena siswa yakin jika salah maka siswa akan beusaha lagi untuk memperoleh yang benar. (5) pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM dapat dilakukan dengan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta pengendalian kondisi belajar mengajar. Keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar maksudnya guru berupaya melibatkan siswa secara optimal dalam pembelajaran yang dikelolanya demi mempertahankan dan meningkatkan prestasi siswanya. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini yaitu (1) penggunaan metode pembelajaran juga dapat menentukan sukses tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran (2) guru menganalisis materi dengan cara mengidentifikasinya (3) variasi mengajar guru dalam setiap kegiatan belajar mengajar di kelas harusnya menggunakan beberapa cara yang bisa menumbuhkan minat serta meningkatkan daya tarik siswa (4) ada dua media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yaitu media elektronik yang media cetak (5) guru mengembangkan media pembelajaran yaitu dengan meringkas materi dalam modul (6) motivasi siswa dipengaruhi oleh metode mengajar yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kegairahan siswa dalam belajar (7) pelaksanaan hukuman dilakukan guru untuk menyadarkan siswa atas kesalahannya. Sedangkan saran yang diinginkan penulis yaitu agar guru bisa lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaran serta memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia disekolah dan sekitar sekolah untuk menambah wawasan serta pengetahuan siswa untuk bisa lebih mempermudah siswa dalam memahami materi yang sedang dan akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51643

Actions (login required)

View Item View Item