Cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di Pondok Pesantren Al-Munir Kalianget Situbondo / Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di Pondok Pesantren Al-Munir Kalianget Situbondo / Hidayati

Hidayati (2012) Cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di Pondok Pesantren Al-Munir Kalianget Situbondo / Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Cara Belajar Pondok Pesantren Pelajaran PKn. Sebagai lembaga pendidikan pesantren diharapkan mampu memfasilitasi komunitas belajar dalam hal ini santri yang mengenyam atau menuntut ilmu baik ilmu yang bersifat duniawi maupun ukhrowi dalam konteks Indonesia. Semua lembaga pendidikan termasuk pesantren harus memiliki cara belajar tersendiri yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan yang dimiliki oleh santri putri. Kinerja belajar santri putri seharusnya mencerminkan cara belajar yang bisa mendukung bagi tercapainya tuntutan dalam menuntut ilmu termasuk juga tuntutan untuk memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di pondok pesantren Al-munir Kalianget Situbondo. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di pondok pesantren Al-munir (2) Apa faktor pendukung dan kesulitan yang dihadapi oleh santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn di pondok pesantren Al-munir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian mengenai cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik penelitian ini dengan menggunakan cluster random dengan persentase tiap tingkatan SMP dan SMA diambil secara acak dengan jumlah populasi 100 santri dengan sampel 78 santri putri. Berdasarkan angket mengenai cara belajar santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn menunjukkan bahwa santri putri cara belajarnya bermacam-macam ada cara belajar auditory visual reading dan kinesthetic tetapi mayoritas santri putri cara belajarnya visual. Karena masing-masing santri putri memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam memahami materi pelajaran PKn. Sedangkan faktor pendukung santri putri dalam memahami materi pelajaran PKn adalah didukung oleh faktor kemampuan guru dalam mengajar yaitu sebanyak 41% atau 32 santri dan kesulitan yang dihadapi oleh santri putri adalah mayoritas disebabkan oleh faktor materi kurikulum yaitu sebanyak 59% atau 46 santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51642

Actions (login required)

View Item View Item