Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan pengrajin batik baronggung di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Sesaria Vivi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan pengrajin batik baronggung di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Sesaria Vivi Susanti

Susanti, Sesaria Vivi (2012) Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan pengrajin batik baronggung di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Sesaria Vivi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Dinas Perindustrian dan Perdagangan pemberdayaan pengrajin Kabupaten Tulungagung memiliki 7 perusahaan batik yang masih eksis sampai saat ini perusahaan batik tersebut adalah Batik Gajah Mada Baronggung Satrio Manah Sido Mukti Kalang Kusuma Sigit Batik dan Batik Majan. Batik Baronggung didirikan sebagai usaha untuk melestarikan budaya dan melanjutkan warisan nenek moyang. Melalui potensi Tulungagung yang tertuang dalam kain batik Baronggung diharapkan juga kedepan mampu menggelorakan roda perekonomian dan mengangkat kualitas kehidupan masyarakat.Pengrajin batik Baronggung yang mayoritas berusia lanjut dan minimnya minat generasi muda menekuni kerajinan membatik menjadi kendala dalam pelestarian kelangsungan kerajinan batik Baronggung.Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah melakukan beberapa usaha untuk mempertahankan batik yaitu dengan menetapkan seragam batik untuk pelajar juga bagiPNS sebagai seragam dinasnya memberikan bantuan peralatan membatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51640

Actions (login required)

View Item View Item