Kepuasan masyarakat tehadap pelayanan pendidikan yang di berikan oleh pemerintah Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang / Amila huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan masyarakat tehadap pelayanan pendidikan yang di berikan oleh pemerintah Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang / Amila huda

Huda, Amila (2012) Kepuasan masyarakat tehadap pelayanan pendidikan yang di berikan oleh pemerintah Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang / Amila huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kepuasan Masyarakat Pelayanan Pendidikan Pemerintah Desa Penanggal. Keberhasilan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik dapat dilihat dari kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Kepuasan masyarakat dapat dicapai apabila aparatur pemerintah yang terlibat langsung dalam pelayanan dapat mengerti menghayati serta berkeinginan untuk melaksanakan pelayanan prima. Masyarakat dapat terpuaskan dari pelayanan aparatur pemerintah berorientasi pada kepuasan total masyarakat. masyarakat membutuhkan komitmen dan tindakan nyata dalam memberikan pelayanan prima. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan pemerintah Desa Penanggal (2) mendeskripsikan partisipasi masyarakat desa untuk meningkatkan pelayanan pendidikan pemerintah Desa Penanggal (3) mendeskripsikan tanggapan pemerintah desa terhadap partisipasi masyarakat desa Penanggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di desa Penanggal kecamatan Candipuro kabupaten Lumajang tepatnya di pusat pelayanan pendidikan yaitu PAUD PKK rumah baca (perpustakaan desa) dan kantor desa. Sumber data berasal dari orang yaitu aparatur pemerintah desa ibu-ibu PKK penanggung jawab PAUD dan rumah baca orang tua siswa PAUD serta masyarakat desa Penanggal. Peristiwa yaitu berupa seluruh aktivitas pelayanan pendidikan dan dokumentasi tentang gambaran umum pelayanan pendidikan desa Penanggal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Tahap-tahap penelitian dilakukan dengan cara tahap pralapangan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian antara lain menunjukkan (1) pelayanan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah desa Penanggal yang terdiri dari PKK PAUD dan rumah baca (2) kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah desa Penanggal meliputi kebutuhan masyarakat tentang pelayanan pendidikan perasaan senang dan tidak senang masyarakat dan penyebab ketidakpuasan masyarakat (3) Partisipasi masyarakat desa Penanggal untuk meningkatkan pelayanan pendidikan berbentuk saran dan saran tersebut disampaikan secara lisan ataupun tertulis yaitu dengan cara berbicara langsung atau mengobrol dengan pihak aparatur desa mengadakan rapat serta mengajukan proposal (4) tanggapan pemerintah desa terhadap partisipasi masyarakat yaitu mencakup pendapat masyarakat tentang pelayanan pendidikan berupa PAUD rumah baca (perpustakaan desa) dan PKK. Tanggapan masyarakat yang disampaikan biasanya oleh pihak kepala desa ditampung terlebih dahulu lalu pihak kepala desa akan menyampaikan solusinya dalam pertemuan rutin antara RT dan RW dusun serta apartur desa yang diadakan setiap bulannya. Berdasarkan temuan penelitian disarankan bagi aparatur penyelanggara pelayanan pendidikan sebaiknya menyediakan kotak saran agar masyarakat desa Penanggal lebih mudah dalam menyampaikan aspirasinya kotak saran tersebut bisa diletakkan ditempat pelayanan pendidikan. Pemerintah desa sebaiknya segera mempersiapkan dan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat seputar adanya rumah baca seperti mengundang masyarakat untuk menghadiri sosialisasi target sosialisasi bisa lebih dikonsentrasikan kepada kaum pemuda yang ada di desa Penanggal. Sebelum adanya pemindahan lokasi pelayanan pendidikan PAUD sebaiknya pemerintah desa sedikit memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan yang ada seperti memperbaiki arena bermain yang sudah rusak. Pemerintah desa sebaiknya membuat situs atau website di internet tentang segala profil desa Penanggal karena jaringan internet banyak digunakan oleh masyarakat desa diharapkan dengan adanya situs ini masyarakat lebih mudah mengetahui kondisi desanya. Peningkaan peran dan kerjasama berbagai pihak terkait yaitu antara penanggung jawab pelayanan pendidikan serta aparatur desa sangat dibutuhkan agar permasalahan-permasalahan yang terjadi seputar pelayanan pendidikan dapat segera diselesaikan. Masyarakat desa harus lebih aktif dan kritis dalam ikut serta memperbaiki kualitas pelayanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51633

Actions (login required)

View Item View Item