Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (studi pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu) Kabupaten Mojokerto / Yuli Alfi Rusvita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (studi pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu) Kabupaten Mojokerto / Yuli Alfi Rusvita

Rusvita, Yuli Alfi (2012) Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (studi pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu) Kabupaten Mojokerto / Yuli Alfi Rusvita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Sumber belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar-mengajar di sekolah selain guru siswa bahan ajar media pembelajaran metode pembelajaran dan lingkungan belajar. Sumber belajar merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sumber belajar juga memiliki fungsi yang efektif apabila keberadaannya digunakan semaksimal mungkin agar sumber belajar dapat dimanfaatkan secara optimal maka perlu dikelola dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn akan membantu siswa dalam memahami materi PKn dan memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) sumber belajar yang dipakai dalam pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu (2) pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu (3) hambatan yang dihadapi dalam memanfaatkan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu (4) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam memanfaatkan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PKn kelas VIII dan siswa-siswi kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Observasi untuk mengamati langsung segala macam gejala sosial yang ada baik proses situasi kondisi dan aktivitas dari yang diteliti. Wawancara untuk mengetahui dan menjawab segala permasalahan yang sedang diteliti oleh peneliti. Dokumentasi untuk mendokumentasikan sebagai bukti peneliti dan pendukung hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) conclution of verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) sumber belajar yang dipakai dalam pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu adalah buku teks LKS koran kliping laboratorium komputer dan internet dan perpustakaan sekolah. Sumber belajar yang paling banyak dimanfaatkan oleh siswa adalah buku teks dan LKS. Setiap siswa memiliki LKS sendiri-sendiri untuk menunjang proses kegiatan belajar mereka. Buku teks juga dimiliki siswa untuk proses pembelajaran dan semua siswa mendapatkannya secara gratis karena mendapat pinjaman dari sekolah (2) pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu terdapat enam jenis cara pemanfaatan sumber belajar yaitu pemanfaatan pada buku teks pemanfaatan pada LKS pemanfaatan pada koran pemanfaatan pada kliping pemanfaatan pada laboratorium komputer dan internet dan pemanfaatan perpustakaan sekolah (3) hambatan yang yang dihadapi dalam memanfaatkan sumber belajar dalam proses pembelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu adalah hambatan pada buku teks yaitu isi dari buku teks kurang lengkap dan kata-katanya sulit dipahami oleh siswa hambatan pada LKS yaitu soal-soal yang terdapat di LKS sulit dipahami oleh siswa sehingga guru tidak bisa mengambil nilai dari LKS sebagai nilai tugas hambatan pada kliping dan koran yaitu terjadi keterbatasan dana keterbatasan waktu dan keterbatasan koran yang terdapat di perpustakaan sekolah hambatan pada laboratorium komputer dan internet yaitu keterbatasan jumlah komputer dan internet dan hambatan pada perpustakaan sekolah yaitu kurangnya koleksi buku perpustakaan dan terbatasnya sarana dan prasarana (4) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam memanfaatkan sumber belajar dalam proses pembeljaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Dlanggu adalah guru menggunakan sumber belajar (buku teks) lebih dari satu kata-kata yang sulit dipahami dicari dalam kamus guru menerangkan materi dan soal latihan yang ada di LKS menambah koleksi perpustakaan sekolah khusunya dalam mata pelajaran PKn dan mencari informasi atau browsing tentang materi yang sedang diajarkan oleh guru di internet sehingga bisa menambah wawasan guru dan siswa. Saran untuk penelitian ini yaitu dengan adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar disarankan juga bagi sekolah untuk menambah sumber belajar misalnya berlangganan koran tidak hanya satu koran saja tetapi bisa lebih dari satu yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran saran bagi guru tidak hanya satu kali memanfaatkan sumber belajar seperti koran perpustakaan laboratorium komputer atau internet sehingga bisa lebih memotivasi siswa dalam belajar dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti pemanfaatan sumber belajar dalam lingkup lebih luas dengan menggunakan subyek penelitian lebih dari satu guru dan tidak hanya terpaku di lingkungan sekitar dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51632

Actions (login required)

View Item View Item