Mayasari, Ratih Dian (2012) Problematika belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Ratih Dian Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kunci Problematika Belajar Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Problematika belajar yang dihadapi oleh siswa satu dengan yang lainya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan siswa memiliki kepribadian pengalaman tujuan dan kondisi yang beragam. Problematika belajar tidak selalu disebabkan oleh faktor inteligensi yang rendah akan tetapi dapat disebabkan oleh faktor-faktor non-inteligensi. Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah belajar dapat digolongkan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satunya yaitu problematika belajar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Mencari atau menemukan faktor-faktor apakah yang menyebabkan siswa mengalami masalah belajar sangatlah penting sehingga dapat dilakukan usaha yang tepat dalam mengatasi dan menanggulangi dampak dari masalah belajar tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan problematika belajar yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol (2) mendeskripsikan penyebab problematika belajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol (3) menjelaskan cara mengatasi problematika belajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan meringkas berbagai kondisi dan situasi yang ada. Peneliti berusaha mengumpulkan informasi secara mendalam dan mendetail terkait dengan problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika tersebut. Subjek yang diteliti adalah guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumenatasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) penarikan kesimpulan dan verivikasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi dan meningkatkan ketekunan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa problematika belajar yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol adalah (1) kesulitan dalam memahami dan menghafalkan materi pelajaran (2) kurangnya pemahaman siswa terhadap makna istilah bahasa asing yang digunakan dalam materi pelajaran (3) siswa kesulitan dalam memahami penjelasan guru. Penyebab dari problematika belajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol dapat dikelompokkan menjadi dua faktor yang pertama adalah faktor internal diantaranya adalah (1) minat dan kebiasaan belajar siswa yang masih kurang maksimal (2) motivasi belajar siswa yang masih kurang (3) konsentrasi belajar siswa yang terganggu karena kondisi kelas yang tidak mendukung (4) kurangnya kesiapan belajar siswa. Kedua adalah faktor eksternal diantaranya adalah (1) terbatasnya sarana dan fasilitas pembelajaran di sekolah (2) kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan rumah yang kurang mendukung (3) ketertarikan siswa pada guru (4) metode yang digunakan guru. Cara yang digunakan dalam mengatasi problematika belajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol yaitu (1) memberikan stimulus (2) memberikan motivasi dan pendekatan pada siswa (3) melengkapi sumber bahan materi pelajaran (4) menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan (5) menggunakan bahasa pengantar yang dimengerti dan mudah di pahami oleh siswa (6) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi (7) pembenahan terhadap perangkat pembelajaran. Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil penelitian maka dapat disarankan beberapa hal berikut (1) sekolah wajib dalam pengadaan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan fasilitas belajar yang ada disekolah dalam upaya mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran (2) berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan agar guru lebih mengetahui permasalahan yang dihadapi siswanya dan mencoba untuk membantu mengatasi kesulitan siswa agar dapat mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan baik. Selain itu guru harus lebih sering menerapkan metode dan model-model pembelajaran yang menarik dan bervariasi sehingga siswa tidak bosan dan jenuh dalam menerima pelajaran (3) guru sebaiknya memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa agar dalam menerima pelajaran siswa lebih bersemangat (4) siswa sebaiknya meningkatkan motivasi belajarnya agar prestasi belajarnya meningkat. Selain itu kebiasaan belajar siswa perlu ditingkatkan agar lebih memperhatikan penjelasan guru saat mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meningkatkan minat siswa untuk membaca buku-buku pelajaran dan membiasakan belajar secara teratur untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |