Sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Risa Mesiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Risa Mesiana

Mesiana, Risa (2012) Sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Risa Mesiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sikap Nasionalisme siswa. Sikap atau attitude merupakan unsur yang hidup didalam jiwa manusia yang harus mampu bereaksi terhadap lingkungannya dapat berupa tingkah laku atau pemikiran. Menurut Lothrop yang berpendapat bahwa nasionalisme adalah keadaan rohani yakni suatu kepercayaan yang dianut oleh sejumlah orang yang mempunyai suatu rasa kebangsaan suatu perasaan tergolong bersama-sama menjadi bangsa. Sikap nasionalisme siswa melingkupsi cinta tanah air persatuan dan kesatuan rela berkorban dan pantang menyerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu sikap nasionalisme siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI yang berjumlah 670 responden dengan sampel 227 responden. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas konstruk. Sumber data digunakan dalam penelitian ini diambil dari jawaban responden dari pernyataan dalam angket dan berasal dari data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sikap cinta tanah air rata-rata bersikap setuju dengan presentase 55 10% sikap persatuan dan kesatuan rata-rata 57 3% siswa bersikap setuju sedangkan untuk sikap rela berkorban 51 3% rata-rata siswa bersikap setuju sikap pantang menyerah rata-rata siswa bersikap setuju yaitu 52 7% dari beberapa indikator diatas rata-rata sikap nasionalisme siswa adalah 54 1% bersikap setuju dengan sikap nasionalisme. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap cinta tanah air sikap persatuan dan kesatuan sikap rela berkorban dan sikap pantang menyerah siswa SMA Negeri 1 Ngunut Kabupaten tulungagung bersikap setuju. Hal ini membuktikan bahwa sikap yang dimiliki siswa di SMA Negeri 01 Ngunut terbilang baik. Saran untuk Kepala sekolah diharapkan dapat membuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan nasionalisme Bagi guru bidang studi PKn sebaiknya setiap akan mulai pelajaran PKn siswa dianjurkan menyanyi lagu kebangsaan bersama tujuannya agar siswa bisa menyanyikan lagu kebangsaan dengan baik dan benar selain itu siswa juga dapat mengetahui lagu-lagu kebangsaan negaranya sendiri Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian dengan sikap nasionalisme yang dapat ditinjau dari aspek yang lain selain cinta tanah air persatuan dan kesatuan rela berkorban dan pantang menyerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51626

Actions (login required)

View Item View Item