Profesionalitas guru pendidikan kewarganegaraan yang sudah memperoleh sertifikat pendidik di SMPN I se-kabupaten Ponorogo / Mawan Wahyu Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalitas guru pendidikan kewarganegaraan yang sudah memperoleh sertifikat pendidik di SMPN I se-kabupaten Ponorogo / Mawan Wahyu Jatmiko

Jatmiko, Mawan Wahyu (2012) Profesionalitas guru pendidikan kewarganegaraan yang sudah memperoleh sertifikat pendidik di SMPN I se-kabupaten Ponorogo / Mawan Wahyu Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Profesionalitas Guru SertifikatPendidik Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan rendahnya kualitas guruadalah dengan menyelenggarakan program sertifikasi guru. Mengacu kepada amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dandosen ditegaskan bahwa guru merupakan suatu profesi tersendiri di masyarakat. Undang-Undang ini juga mengatur kualifikasi pendidikan minimal untuk memenuhi persyaratan profesi sertifikasi profesi pendidikan keprofesian berkelanjutan hak dan kewajiban pendidik kesejahteraan pendidik pengangkatan mutasi pemberian penghargaan pemberhentian pendidik dan organisasi profesi pendidik. Undang-Undang tersebut juga menjamin kesejahteraan guru yang telah memenuhi persyaratan profesi yang bentuknya berupa gaji pokok tunjangan yang melekat pada gaji tunjangan fungsional profesi tunjangan khusus dan maslahat tambahan.Tujuansertifikasi guru inijugaikut menentukankelayakan guru dalammelaksanakantugassebagaiagenpembelajaran dimana tujuan adanya sertifikasi itu sendiri yaituuntukmeningkatkanmutudanmenentukankelayakan guru dalammelaksanakantugassebagaiagenpembelajaran. Dengan adanya sertifikasi pemerintah berharap kinerja guru akan meningkat dan pada gilirannya mutu pendidikan nasional akan meningkat pula. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kompetensiguru pendidikankewarganegaraandi SMP Negeri I se-KabupatenPonorogo yang sudahmemperolehsertifikatpendidik. Sekaligus mendeskripsikanhambatan yang dihadapioleh guru dalamupayamenjadi guru yang profesional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penumpulan data dilakukandenganmetodewawancara observasidandokumentasi.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu kegiatan reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian tersebutdiperoleh data sebagaiberikut. PertamaKompetensi pedagogik guru yang sudah memperoleh sertifikat pendidik di Kabupaten Ponorogo adalah selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas dalam proses pembelajaran sebagai bagian dari kemampuan pedagogik guru agar di dalam proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Seperti dalam menyusun silabus PKn karena selama ini sebagian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51624

Actions (login required)

View Item View Item