Kinerja aparat Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dalam memberikan pelayanan publik (studi kasus pelayanan SKCK) / Septi Nindrya Widyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja aparat Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dalam memberikan pelayanan publik (studi kasus pelayanan SKCK) / Septi Nindrya Widyanti

Widyanti, Septi Nindrya (2011) Kinerja aparat Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dalam memberikan pelayanan publik (studi kasus pelayanan SKCK) / Septi Nindrya Widyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kinerja aparat kecamatan Pelayanan publik kepada masyarakat Kediri Kecamatan merupakan suatu tatanan baris kantor dari pemerintah daerah yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan mempunyai tugas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang dapat berhasil guna dan berdaya guna. Pada dasarnya kecamatan Ngasem sudah memberikan mutu pelayanan yang baik dan cukup memuaskan kepada masyarakat. Namun dibalik pelayanan yang sudah bermutu tersebut tentunya masih terdapat hambatan-hamabatan atau kendala dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Kecamatan diberikan kewenangan yang luas untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Dengan diberikannya kewenangan yang lebih luas maka seharusnya dapat memberikan suatu pelayanan yang baik dan bermutu yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu kualitas pelayanan yang baik pula bagi masyarakat. Sebab dari waktu ke waktu tidak hanya tuntutan kebutuhan masyarakat saja yang beraneka ragam namun dari segi mutu pun sudah menjadi suatu keinginan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pembangunan kecamatan harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ditandai dengan kemudahan dalam pemberian pelayanan kewajaran efisiensi waktu dan kepuasan masyarakat atas bentuk pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pelayanan publik yang diberikan oleh aparat kecamatan Ngasem kepada masyarakat kinerja aparat kecamatan pada kantor camat Ngasem di kabupaten Kediri hambatan-hambatan yang ditemui aparat kecamatan Ngasem dalam pemberian pelayanan publik dan upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik yang diberikan oleh aparat kecamatan Ngasem kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia yaitu aparat kantor kecamatan Ngasem dan masyarakat kecamatan Ngasem. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data kemudian kesimpulan. Berdasarkan analisis data tersebut hasil penelitian dan temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama masalah pelayanan publik yang diberikan oleh aparat kecamatan Ngasem kepada masyarakat yang berusaha melakukan langkah-langkah perbaikan di segala aspek kegiatannya mengingat semakin kuatnya tuntutan dari masyarakat terhadap pelayanan publik sehingga memungkinkan semakin banyaknya pula komplain dari para pengguna jasa atau masyarakat tersebut. Kedua masalah kinerja aparat kecamatan yang terus diperbaiki terutama dalam hal melayani masyarakat. Sampai saat ini kecamatan Ngasem masih belum dapat bekerja ataupun memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat. Hal ini menyangkut adanya keterbatasan fasilitas yang masih belum menunjang di kantor kecamatan Ngasem. Walaupun dengan keterbatasan fasilitas kantor yang dimiliki namun aparat kecamatan Ngasem telah berusaha bekerja dengan sebaik mungkin. Meskipun masih terdapat banyak kekurangan pelayanan yang berhubungan dengan kinerja aparat. Hal ini dapat dilihat dengan masih lemahnya kinerja pegawai tersebut yakni masih terdapat pegawai yang kurang disiplin. Ketiga masalah hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di kantor kecamatan Ngasem yang dapat mempengaruhi kinerja aparat yakni mengenai minimnya jumlah sarana yang terdapat di kantor kecamatan Ngasem yang dapat mempengaruhi kinerja aparat kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kurangnya pengawasan yang diberikan oleh camat terhadap bawahannya sehingga dapat mengakibatkan penurunan kinerja aparat dalam kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun dalam kegiatan lain di perkantoran kurangnya motivasi yang dapat mengakibatkan kinerja aparat tidak dapat terarah sehingga dapat menurunkan kinerja aparat tersebut.. Keempat upaya dalam mengatasi hambatan yakni dengan terus meningkatkan dan terus memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di kantor kecamatan Ngasem baik itu dari segi jumlah maupun perbaikan fisik dilakukannya pengawasan oleh camat dari segi kedisiplinan waktu dan disiplin kerja serta pemberian motivasi yang dilakukan oleh camat agar para pegawai mau bekerja untuk melakukan tugas dan kewajiban dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni dengan pemberian penghasilan yang memadai pemberian penghargaan serta akan dipromosikan jabatan yang lebih tinggi apabila aparat telah mampu menyelesaikan suatu tugas dan tanggung jawab sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan tujuan yang diharapkan. Saran dari peneliti yakni 1) Pegawai kantor camat Ngasem ketika dalam rangka memberikan pelayanan kepada pengguna jasa atau masyarakat harus lebih cepat dan tanggap demikian pula tigkat efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program kegiatan antara input dan output walaupun dalam kondisi fasilitas dan sarana yang terbatas harus mengacu pada prosedur Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) yang ada 2) Camat selaku pemimpin hendaknya memberikan pendelegasian tugas kepada pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kecakapan yang dimiliki dan mengacu kepada tupoksi yang ada sehingga tugas yang diberikan jelas 3) Camat dan staf lebih giat dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat dan mengevaluasi keluhan-keluhan serta saran dari pengguna jasa/masyarakat dan memperbaiki apa yang menjad kelemahan atau hambatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51619

Actions (login required)

View Item View Item