Hubungan antara pola asuh di lingkungan keluarga dengan tingkah laku anak remaja dalam kehidupan bermasarakat di kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang / Ragil Tri Astikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pola asuh di lingkungan keluarga dengan tingkah laku anak remaja dalam kehidupan bermasarakat di kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang / Ragil Tri Astikasari

Astikasari, Ragil Tri (2011) Hubungan antara pola asuh di lingkungan keluarga dengan tingkah laku anak remaja dalam kehidupan bermasarakat di kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang / Ragil Tri Astikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Polaasuh lingkungan keluarga tingkahlaku remaja bermasyrakat Perankeluargadalammendidikanggotakeluarganyadalamhaliniadalahanaksangatpenting.Tugas yang utamakeluargasebagaisaranapendidikanbagianak-anaknyadalammenumbuhkandanmengembangkankekuatan mental fisik intelektual danrohanimereka yang dipengaruhitingkahlakuanakdalammelakukanaktifitasdi masyarakat.Sehingga pola asuh yang diterapkan keluarga sangat penting bagi anak untuk membentuk suatu tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat di Kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikanpolaasuh di lingkungankeluarga di KelurahanKepanjenKecamatanJombang (2) mendeskripsikanbentuktingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakat di KelurahanKepanjenKecamatanJombang (3) mendeskripsikanhubungannyapolaasuh di lingkungankeluargadengantingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakat di KelurahanKepanjenKecamatanJombang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memilikianakremaja di KelurahanKepanjenKecamatanJombang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample sampel sebanyak 45 subyek. Sumber data Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik korelasi product momentdari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa polaasuhanak di lingkungankeluargadapatdilihatdaripemberiankebebasan hukuman pengambilankeputusan dan hadiah. (1) Polaasuh yang diterapkanolehkeluarga di KelurahanKepanjenKecamatanJombangmeliputipolaasuhdemokratissebanyak 71 11%. Polaasuhpermasifsebanyak 20%.Polaasuhotoritersebanyak 8 88%. Sehinggadapatdikatakankeluarga di KelurahanKepanjenKecamatanJombangsebagianbesarmenerapkanpolaasuhdemokratis.(2) Tingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakatdapatdilihatdaribeberapaindikator yaituperbuatan sikap ucapan penampilan. Tingkahlaku yang dilakukanolehanakremaja di KelurahanKepanjenKecamatanJombangmemilikikriteria yaitu baiksebanyak 48 88% sedangsebanyak 37 77% dantidakbaiksebanyak 13 33%. Sehinggadapatdikatakananakremaja di KelurahanKepanjenKecamatanJombangsebagianbesarmemilikitingkahlaku yang baik. (3) Terdapathubungan yang signifikanantarapolaasuhanak di lingkungankeluargadengantingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakat di KelurahanKepanjenKecamatanJombang. Berdasarkanhasilujinormalitaspolaasuh di lingkungankeluargamenghasilkannilai KSZ 0 139 dantingkahlakuanakremaja menghasilkannilai KS-Z 0 132 telahterdistribusi normal halinidapatdilihatdari (sig 0 05). Kemudianujilinieritaspolaasuh di lingkungankeluargadengantingkahlakuanakremajadiperoleh F bedasebesar 0 187 dengansignifikansi 0 668 (signifikansi 0 05) halinimenunjukkanadanyahubungan yang linier antaravariabelpolaasuh di lingkungankeluargadengantingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakat. Hasilujihipotesis yang dilakukanmenggunakanProduk momentdariPearson yaitusebesar 0 066 yang artinyaarahkorelasibersifat positif.Korelasi yang dihasilkandapatdibacabahwasemakindemokratispola asuh di lingkungankeluargamakatingkahlakuanakremajadalamkehidupanbermasyarakatsemakin baik. Berdasarkanhasilpenelitian ini saran yang dapatdiajukanadalah (1) Orang tuadalamkeluargasebagaipendidikanakremajadapatmemberikandorongandanarahan dengan cara memberikan kebebasan yang selektif kepada anak agar tepat dalam bertingkah laku memberikan hukuman yang sesuai kesalahan anak remaja bantuan dalam mengambil keputusan pada anak agar tidak salah memilih dan memberikan hadiah jika anak mendapatkan prestasi yang memuaskan.(2) Anak remaja bertingkah laku dalam masyarakat hendakanya berbuat sesuai dengan norma dan aturan dalam masyarakat. Bersikap dengan orang yang lebih tua seperti membungkukkan badan mencium tangan jika akan pergi mengucapkan salam ketika pergi. Dalam ucapan anak berbicara dengan orang tua menggunakan nada yang tidak keras tidak berkata kotor berbohong dan mengumpat pada orang lain serta menegur sapa dengan tetangga. Dalam berpenampilan remaja hendaknya berpakaian yang sopan memakai perhiasan/aksesoris yang tidak berlebih dan gaya rambut yang rapi.(3) Masyarakat hendaknya juga ikut memperhatikan tingkah laku anak remaja agar tingkah laku anak remaja di lingkungkan dapat terkontrol dengan baik sehingga kenakalan anak remaja dapat dicegah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51605

Actions (login required)

View Item View Item