Penggunaan peta konsep pada pelaksanaan pembelajaran PKn di SMP Negeri 4 Kepanjen / Nurul Meiyana Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan peta konsep pada pelaksanaan pembelajaran PKn di SMP Negeri 4 Kepanjen / Nurul Meiyana Hasanah

Hasanah, Nurul Meiyana (2011) Penggunaan peta konsep pada pelaksanaan pembelajaran PKn di SMP Negeri 4 Kepanjen / Nurul Meiyana Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peta konsep Pembelajaran PKn Peta konsep yang diperkenalkan oleh Novak merupakan alat yang efektif untuk menghadirkan secara visual hirarki generalisasi generalisasi dan untuk mengekspresikan keterkaitan proposisi proposisi (Kumpulan Konsep) yang berupa susunan dari yang paling umum ke konsep yang paling khusus. Dengan menggunakan peta konsep dalam pelajaran PKn siswa akan lebih mudah memahami konsep PKn tidak terjadi kelupaan atau dengan kata lain agar ingatan bisa lebih kuat dan siswa bisa mengaplikasikannya lagi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep di SMP Negeri 4 Kepanjen hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep di SMP Negeri 4 Kepanjen dan upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep di SMP Negeri 4 Kepanjen Dalam penelitian ini akan digunakan pendekatan kualitatif . Kehadiran peneliti dilapangan adalah mutlak. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kepanjen yang beralamatkan di jalan Kawi nomor 3 Kepanjen kabupaten Malang. Sumber data penelitian adalah sumber data manusia dan sumber data non manusia (dokumen). Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan triangulasi ( sumber tekhnik waktu) menggunakan bahan referensi mengadakan member check Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep guru mengawali pembelajaran dengan beberapa tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan pada pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep guru mengawalinya dengan (1) guru membuat RPP (2) Guru membuat media (3) Guru mengembangkan materi (4) Guru membuat instrument penilaian (5) Guru membuat peta konsep kemudian pada tahap pelaksanaan guru menggunakan langkah langkah pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep adalah (1) Guru mengucapkan salam pembuka dan berdoa (2) Guru melakukan persiapan sebelum memulai pelajaran seperti menempelkan hasil peta konsep yang sudah dibuat oleh guru dari kertas karton kepapan tulis guru melakukan penjajakan tentang materi dengan memberikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan dipelajari setelah itu guru memberikan informasi kompetensi yang ingin dicapai ii (3) Guru menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah bervariasi peta konsep dan penugasan. Kemudian yang terakhir adalah tahap evaluasi. Hambatan yang di hadapi oleh guru pada waktu pelaksanaan pembelajaran PKn dengan mengunakan peta konsep (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan mengunakan peta konsep terkadang tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru (2) Penjelasan guru yang terlalu luas kepada siswa yang menyebabkan siswa terkadang jenuh akan materi pembelajaran PKn (3) Waktu jam pelajaran yang terbatas (4) Guru kesulitan untuk memilah milah materi yang akan disajikan dengan menggunakan peta konsep jika materinya banyak. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep adalah (1) Guru melakukan penyesuain terhadap tindakan pembelajaran (2) Perlunya penyesuian terhadap tindakan pembelajaran (3) Memberikan penjelasan materi pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang disajikan (4) Guru menyiasati waktu yang terbatas dengan setiap langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan waktu yang telah direncanakan dan guru meringkas materi pembelajaran yang disajikan. Bertolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat peneliti ajukan guna mendukung pelaksanaan pembelajaran PKn dengan peta konsep yaitu (1) Bagi guru guru dapat meningkatkan kualitas kemampuan mengajar yang lebih kreatif dan lebih menarik lagi karena siswa telah memberikan respon yang baik akan pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep serta lebih memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari mata pelajaran PKn (2) bagi siswa untuk lebih antusias lagi dan lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran PKn dengan menggunakan peta konsep (3) Bagi sekolah diharapkan dapat memberikan perhatian terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep agar dapat tetap dilaksanakan dalam pembelajaran PKn dan melakukan pembinaan terhadap guru mata pelajran PKn agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep (4) bagi peneliti diharapkan penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi dan menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penelitian yang peneliti lakukan sehingga penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51604

Actions (login required)

View Item View Item