Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan materi pokok norma dan hukum kelas VII semester 1 di SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Lamongan / Linda Murti Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan materi pokok norma dan hukum kelas VII semester 1 di SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Lamongan / Linda Murti Ningrum

Ningrum, Linda Murti (2011) Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan media komik dengan materi pokok norma dan hukum kelas VII semester 1 di SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Lamongan / Linda Murti Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lembar Kerja Siswa Media Komik Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah suatu komponen yang membantu siswa dalam melakukan pendekatan dari suatu masalah menuju suatu konsep. Lembar Kerja Siswa (LKS) juga merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi peserta didik karena Lembar Kerja Siswa (LKS) membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. Tujuan kegiatan pengembangan adalah (1) untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk media komik (2) untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) pelajaran PKn yang lebih inovatif (3) untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disukai dan diminati siswa (4) diharapkan LKS yang dikembangkan dapat memotivasi belajar siswa kelas VII di SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Lamongan. Lembar Kerja Siswa (LKS) terdiri dari 3 sub bab yang terdiri dari 3 Lembar Kerja Siswa (LKS) yang di antaranya (1) LKS I memuat materi tentang norma (2) LKS II memuat materi tentang hukum (3) LKS III memuat materi penerapan norma di masyarakat. Isi LKS I LKS II LKS III terdiri dari beberapa bagian di antaranya (1) cerita komik (2) kolom informasi (3) kolom aktivitas siswa (4) kolom kesimpulan materi. Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan ditampilkan semenarik mungkin agar siswa lebih bermotivasi membacanya. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik yang dikembangkan telah diujicobakan untuk memperoleh bagian-bagian mana yang perlu direvisi. LKS divalidasi oleh 2 dosen PKn Universitas Negeri Malang dan 3 guru Mata Pelajaran PKn di tingkat SMP di Karanggeneng Kab. Lamongan. Namun hasil validasi tersebut berbentuk komentar kritik motivasi dan saran. Untuk perbaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik tersebut. Uji coba LKS melibatkan 10 siswa yang diambil secara acak dari kelas VII A VII B VII C SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Lamongan. Dari hasil uji coba menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan adalah valid. Kelebihan dari LKS yang dikembangkan yaitu (1) LKS berupa komik memudahkan siswa dalam menemukan contoh penerapan norma di masyarakat (2) LKS berupa komik memuat masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat (3) LKS yang dikembangkan lebih menarik karena lebih berwarna (4) kesesuaian materi kurikulum KTSP (5) LKS yang dikembangkan memunculkan minat siswa dalam belajar PKn. Adapun kelemahan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan ini baru tahap Uji coba kepada 10 siswa saja kelas VII (Semester 1) SMP Wahid Hasyim Karanggeneng Kabupaten Lamongan dan belum diujicobakan kepada seluruh siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51601

Actions (login required)

View Item View Item