Hubungan antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul dengan prestasi belajar PKn di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nyuprih Ayu Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul dengan prestasi belajar PKn di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nyuprih Ayu Rahayu

Rahayu, Nyuprih Ayu (2011) Hubungan antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul dengan prestasi belajar PKn di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nyuprih Ayu Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendapat siswa pelaksanaan pembelajaran modul prestasi belajar. SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang adalah salah satu sekolah menengah pertama yang dalam pelaksanaan proses pembelajarannya menggunakan sistem modul pada semua mata pelajaran. Pembelajaran dengan sistem modul memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Penerapan sistem modul dalam pelaksanaan pembelajaran mempunyai alasan mengapa sistem tetap dipertahankan hingga sekarang. SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tentu mengetahui bahwa penggunaan modul tersebut mempunyai pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul di SMP laboratorium Universitas Negeri Malang (2) untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) mengetahui hubungan pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul dengan prestasi belajar PKn siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif korelasionl. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Kluster (cluster rondom Sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan skala likert dan metode dokumentasi. Analisis korelasional menggunakan analisis Product Moment dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapat siswa tetang pelaksanaan pembelajaran modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam klasifikasi sering yaitu sebesar 25 66% atau sebanyak 29 siswa termasuk dalam klasifikasi selalu 67 25% atau 76 siswa termasuk dalam klasifikasi sering 7 07% atau 8 siswa termasuk dalam klasifikasi jarang dan 0 00% siswa termasuk dalam klasifikasi tidak pernah. Hasil penelitian tersebut diambil secara keseluruhan atau bersama-sama (simultan) sedangkan prestasi belajar siswa di siswa Di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang sebesar 20 35% responden memiliki prestasi sangat baik 61 39% responden memiliki prestasi baik 17 69 responden memiliki prestasi cukup 0 00% responden memiliki prestasi kurang dan 0 00% responden memiliki prestasi sangat kurang. Hasil analisis r 0 684 dengan nilai signifikansi 0 000 (signifikansi 0 05) menunjukkan bahwa pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul mempunyai hubungan dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran modul dengan prestasi belajar siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dan kemukakan saran sebagai berikut (1) bagi sekolah hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan dalam upaya memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran dengan sistem modul di SMP Laboratorium UM (2) bagi guru dianjurkan untuk melaksanakan peranannya dalam pelaksanaaan pembelajaran modul yaitu guru sebagai pembimbing dalam pelaksanaan pembelajaran guru sebagai pengatur lingkungan belajar siswa guru sebagai partisipan proses pembelajaran guru sebagai konselor dalam masalah yang dihadapi oleh siswa guru sebagai supervisor dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan modul guru sebagai motivator dalam proses belajar siswa dan guru sebagai evaluator terhadap hasil belajar yang telah dicapai siswa (3) bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran modul pada mata pelajaran PKn pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya dengan menambah variabel-variabel lain dalam penelitian berikutnya agar dapat mengetahui hubungan penggunaan modul dengan prestasi belajar (4) bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka dalam berfikir dan menjalakan peranannya dalam pelaksanaan pembelajaran modul yaitu sebagai berikut siswa sebagai pemecah masalah siswa sebagai pembaca yang baik siswa sebagai pendengar yang baik siswa sebagai pemikir yang baik dan siswa sebagai penemu konsep sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51577

Actions (login required)

View Item View Item