Peranan yayasan lembaga konsumen malang (YLKM) dalam memberikan perlindungan kepada konsumen di Kota Malang / Daddy adi Bahtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan yayasan lembaga konsumen malang (YLKM) dalam memberikan perlindungan kepada konsumen di Kota Malang / Daddy adi Bahtiar

Bahtiar, Daddy Adi (2011) Peranan yayasan lembaga konsumen malang (YLKM) dalam memberikan perlindungan kepada konsumen di Kota Malang / Daddy adi Bahtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci YLKM Perlindungan Konsumen Yayasan Lembaga Konsumen Malang adalah lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat yang terbuka untuk umum lembaga organisasi sosial non pemerintahan bergerak dalam bidang perlindungan konsumen baik melalui advokasi litigasi maupun advokasi nonlitigasi dalam proses penyelesaian sengketa konsumen dengan pelaku usaha menjadi perwakilan konsumen yang merasa dikecewakan dan dirugikan oleh penyedia barang dan penyedia layanan jasa yang berada di Kota Malang khususnya. Beragam persoalan diadukan pada YLKM mulai dari pembelian barang tarif angkutan tarif dan pelayanan listrik tarif dan pelayanan PDAM biaya pendidikan sambungan telepon persoalan jual beli kendaraan hingga persoalan kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan YLKM dalam memberikan perlindungan kepada konsumen yang mencakup program Yayasan Lembaga Konsumen Malang dalam memberikan perlindungan kepada konsumen pelaksanaan program Yayasan Lembaga Konsumen Malang dalam memberikan perlindungan kepada konsumen kendala yang dihadapi Yayasan Lembaga Konsumen Malang dalam memberikan perlindungan kepada konsumen upaya mengatasi kendala yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Malang dalam memberikan perlindungan kepada konsumen. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan wawancara dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi (1) Program yang dijalankan oleh YLKM adalah Program pendidikan konsumen Program pelayanan dan perlindungan konsumen Program memperluas dan meningkatkan kerjasama Program penelitian survey dan pengujian mutu barang dan jasa (2) Pelaksanaan program pendidikan konsumen YLKM berdialog interaktif di Radio Citra Pro 3 FM masalah susu formula yang mengandung zat kimia berbahaya bagi bayi Penyuluhan pemasangan tabung gas LPG pertamina yang benar di Balai Kota Malang Pelaksanaan program pelayanan dan perlindungan konsumen YLKM melakukan advokasi terhadap adira finance Kota Malang Penyelesaian kasus melalui mediasi atas nama Bapak Edy Handoyo tentang adanya kotoran/kertas di dalam galon 19 liter yang dibelinya Pelaksanaan program memperluas dan meningkatkan kerjasama YLKM telah mengadakan kerjasama Mou dengan Fakultas Hukum UMM Malang YLKM melakukan kerjasama dengan RRI Malang Andalus FM dan Radio Mas FM 104 5 Pelaksanaan program penelitian survey dan pengujian mutu barang Pemantauan serta pengawasan peredaran migas di pasaran Kota Malang YLKM mengadakan penelitian ilmiah terkait produk haram yang menggunakan label halal seperti dendeng sapi yang berisi daging babi termasuk krupuk rambak yang diindikasikan menggunakan kulit babi (3) Kendala yang dihadapi Yayasan Lembaga Konsumen Malang adalah tidak adanya kepastiaan jumlah dana kas yang masuk di kantor YLKM kurangnya kesadaran dari pelaku usaha kurangnya kesadaran konsumen akan hak dan kewajibannya kurangnya sosialisasi dari YLKM tentang profil YLKM di Kota Malang siaran radionya untuk YLKM tidak tetap pelaku usaha enggan menyebarkan informasi kualitas staf ahli YLKM kurang aktif dalam melakukan kinerjanya (4) Upaya mengatasi kendala yang dilakukan YLKM adalah lebih meningkatkan jumlah pemasukan ke kas YLKM lebih meningkatkan taktik dan strategi adavokasi yang jitu gencar melakukan pendidikan konsumen melalui media massa/elektonik meningkatkan sosialisasi dan lobi ke kampus hukum tentang profil YLKM lebih memperluas kerjasama dengan pihak radio di seluruh Kota Malang lebih meningkatkan lobi kerjasama dengan pemda dan pelaku usaha berusaha meluangkan waktu dalam melaksanakan kegiatan di YLKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51561

Actions (login required)

View Item View Item