Model pembelajaran moral dalam kegiatan Thoriqoh Naqsabandyah Kholidiyah al Aliyah bagi santri di pondok pesantren Baiturrohmah Malang / Dian Dwi Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran moral dalam kegiatan Thoriqoh Naqsabandyah Kholidiyah al Aliyah bagi santri di pondok pesantren Baiturrohmah Malang / Dian Dwi Permana

Permana, Dian Dwi (2011) Model pembelajaran moral dalam kegiatan Thoriqoh Naqsabandyah Kholidiyah al Aliyah bagi santri di pondok pesantren Baiturrohmah Malang / Dian Dwi Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Moral Pembelajaran moral. Thoriqoh Pondok pesantren Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Peserta didik tersebut diharapkan akan menjadi sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan keahlian dan keterampilan yang nantinya dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia dari zaman ke zaman. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rancangan model pembelajaran thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah pondok pesantren Baiturrohmah Malang (2) mengetahui pelaksanaan model pembelajaran moral thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah pondok pesantren Baiturrohmah Malang (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran moral pada thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah di pondok pesantren Baiturrohmah (4) mengetahui solusi dalam menghadapi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran moral pada thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah di pondok pesantren Baiturrohmah Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Penetapan pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa peneliti ingin mengemukakan fenomena-fenomena yang terjadi di dalam pondok pesantren Baiturrohmah Malang apakah pembelajaran moral tersebut telah terimpelementasikan dalam kegiatannya. Subjek penelitiannya adalah Mursyid atau pengurus dan santri thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah pondok pesantren Baiturrohmah. Adapaun tahapan pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) rancangan pembelajaran moral yang ada pada thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah di pondok pesanten Baiturrohmah berupa tabel yang memuat tentang kegiatan yang dilakukan tujuan kegiatan metode dan nilai-nilai moral yang ada dalam ibadah tersebut. Kegiatan yang dilakukan yaitu a) tafakkur dengan tujuan membiasakan santri untuk bisa mengambil segala hikmah yang ada dalam kehidupan ini metode yang digunakan ceramah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini yaitu rasa kesadaran sikap percaya diri dan lain-lain b) puasa dengan tujuan membiasakan diri untuk hidup sehat metode yang digunakan ceramah dan nilainilai yang terkandung dalam kegiatan ini yaitu Sabar meningkatkan semangat kerja sikap persaudaraan dan lain lain c) shalat dengan tujuan membiasakan santri untuk bisa hidup teratur metode yang digunakan ceramah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini yaitu kedisiplinan kejujuran dan lain-lain d) wirid dengan tujuan santri dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan cara membiasakan hatinya agar selalu atau senantiasa berdzikir kepada Allah metode yang digunakan ceramah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini yaitu Ikhlas syukur dan lain-lain e) tawassul dengan tujuan menumbuhkan sikap saling menghargai kepada para syuhada atau orang sholehah yang lainnya metode yang digunakan ceramah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ini yaitu sikap menghargai dan lain-lain. (2) pelaksanaan pembelajaran moral yang ada pada thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah di pondok pesanten Baiturrohmah berupa tafakkur shalat wirid puasa dan tawassul dari kegiatan tersebut nilai-nilai moral yang dapat diambil yaitu sikap sabar syukur percaya diri menghargai dan sebagainya (3) hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran moral yang ada pada thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah di pondok pesanten Baiturrohmah berupa niat santri yang masuk pondok lebih bersifat keduniaan saja santri yang sering melakukan keributan ketika di dalam pondok fasilitas berupa kamar yang dirasa kurang ketika terjadi kelebihan jumlah kapasitas santri yang mengikuti proses pembelajaran di dalam pondok. (4) solusi yang dilakukan oleh pihak pengurus maupun santri dalam menghadapi kendala yang sedang dihadapi yaitu dengan memberikan sebuah pengantar ceramah kepada santri agar dalam memasuki pondok ini niatnya benar-benar harus ditata memberikan teguran langsung kepada santri yang membuat keributan pada saat pelaksanaan ibadah di dalam pondok selain itu juga pengurus membuat aturan tertulis yang wajib ditaati oleh santri dan menempatkan santri di masjid pondok ketika terjadi kelebihan jumlah kapasitas santri yang akan mengikuti proses pembelajaran moral di dalam pondok dan membangun fasilitas baru. Dari hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) Pihak pengurus pondok pesantren Baiturrohmah bisa lebih berbuat tegas kepada santri yang melakukan kegaduhan ketika di dalam pondok karena kegaduhan yang dibuat telah mengganggu santri lain yang sedang khusyuk melaksanakan ibadah (2) Kepada santri yang akan mengikuti proses pembelajaran di dalam pondok sebaiknya diawali dengan niat yang baik niat yang benar-benar karena Allah SWT dan hanya mengharap keridhoan-Nya (3) pengurus pondok pesantren Baiturrohmah bisa menambah fasilitas kamar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51554

Actions (login required)

View Item View Item