Praktek berorganisasi pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung / Cahyaningtyas Dyah Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktek berorganisasi pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung / Cahyaningtyas Dyah Puji Astuti

Astuti, Cahyaningtyas Dyah Puji (2011) Praktek berorganisasi pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung / Cahyaningtyas Dyah Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci berorganisasi OSIS. Berlangsungnya praktek belajar tidak terlepas dengan lingkungan sekitar. Belajar tidak hanya terbatas pada empat dinding kelas saja belajar juga dapat diimplementasikan pada partisipasi peserta didik di lingkungan sekitarnya seperti ikut dalam salah satu organisasi sekolah. Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/O/1992 menyebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS (Organisasis Siswa Intra Sekolah). Pengembangan peserta didik tersebut dapat diwadahi dalam organisasi sekolah ini. Partisipasi peserta didik dalam kegiatan OSIS dapat menjadi salah satu tempat belajar berorganisasi dan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya serta mengimplementasikan pengetahuan yang didapatnya dari kegiatan belajar di kelas. Demikian halnya dengan OSIS di SMP Negeri 1 Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanggunggunung Tulungagung dengan tujuan untuk mengetahui (1) Proses perekrutan pengurus OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung (2) Jalannya kepemimpinan pada OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung (3) Program kerja OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung (4) Kendala yang dihadapi pengurus dalam melaksanakan program kerjanya di OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung (5) Cara mengatasi kendala yang dihadapi pengurus OSIS dalam menjalankan program kerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data dan latar belakang alami dengan memanfaatkan diri sebagai instrumen kunci tentang bagaimana praktek berorganisasi pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penetapan pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa peneliti ingin mengemukakan fenomena-fenomena yang ada dengan kondisi yang terjadi di lokasi penelitian tanpa adanya rekayasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses perekrutan pengurus OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung dilakukan melalui pemilihan langsung dari masing-masing kelas. Tiap kelas memilih dan menetapkan dua orang siswa sebagai perwakilan kelasnya untuk didelegasikan sebagai calon pengurus OSIS. (2) Gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh Ketua OSIS SMPN 1 Tanggunggunung ini merupakan gaya kepemimpinan yang demokratis. (3) Program kerja yang disusun oleh pengurus OSIS secara garis besar berkaitan dengan kegiatan peringatan hari besar nasional peringatan hari besar agama dan kegiatan bakti sosial. (4) Tidak banyak kendala yang dihadapi oleh pengurus OSIS dalam dua bulan awal kepengurusan menjalankan program kerjanya. Hanya saja masalah koordinasi antar pengurus OSIS masih sering menjadi kendala yang dihadapi ketika akan melaksanakan suatu kegiatan program kerja. (5) Beberapa cara untuk mengatasi kendala tersebut di atas diantaranya adalah dengan membangun hubungan personal antar pengurus OSIS. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan supaya pengurus OSIS SMPN 1 Tanggunggunung bisa lebih mendalami lagi hal-hal yang berkaitan dengan praktek beroganisasi sehingga bisa meningkatkan kualitas berorganisasi mereka. Pengurus OSIS hendaknya mempelajari lagi manajemen keorganisasian dan manajemen konflik agar kedepannya pengurus bisa lebih mandiri lagi dalam menyikapi kendala atau hambatan yang mereka hadapi dalam menjalankan program kerja yang mereka susun. Latihan Kepemimpinan Siswa hendaknya tidak pengurus lakukan sekali dalam satu kepengurusan tetapi bisa dibuat menjadi beberapa kali latihan agar materi tentang kepemimpinan bisa benar-benar didalami oleh pengurus. Selain itu diharapkan pengurus OSIS bisa belajar tentang kepemimpinan secara langsung dari pejabat sekolah dalam hal ini hubungan Kepala Sekolah dengan para guru dan karyawan. SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung sebagai lembaga yang memfasilitasi siswanya dalam mengembangkan bakat minat dan potensi diharapkan untuk mengupayakan penyediaan ruang OSIS agar kendala yang dihadapi pengurus OSIS utamanya masalah koordinasi bisa teratasi dan kinerja OSIS bisa semakin bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51539

Actions (login required)

View Item View Item