Peranan pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan olahraga sky lot pantai Lekok Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Joko Prihatin Gusindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan olahraga sky lot pantai Lekok Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Joko Prihatin Gusindra

Gusindra, Joko Prihatin (2011) Peranan pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan olahraga sky lot pantai Lekok Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Joko Prihatin Gusindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kebudayaan Olahraga SkyLot Pihak-pihak dan Bentuk Pelestarian. Olahraga Sky Lot merupakan olahraga yang di kembangkan oleh penduduk Pesisir Pantai Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan dimana diawali dari kegiatan mencari kerang dengan menggunakan alat yang sederhana yaitu papan dengan ukuran lebar 30cm dan panjang 50cm. membawa lampu temeran seperti lilin pakai keranjang kecil ditaruh dibahu/ pundak sambil mengambil kerang di sela-sela batu karang. Semenjak ramainya orang melihat unik dan menariknya menyaksikan kegiatan orang mencari kerang yang akhirnya menumbuhkan gagasan membuat perlombaan mencari kerang menggunakan papan seluncur dalam kegiatan acara tradisional pesta pantai. Dimana cikal bakal dari kebudayaan olahraga Sky Lot dimulai dengan kegiatan lomba mencari kerang kemudian berganti lomba adu kecepatan meluncur atau pancalan yang paling cepat yang dikenal dengan nama lomba Sky Lot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan olahraga Sky Lot yang ada di Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang dalam mengkaji suatu fenomena kehidupan sosial dalam suatu karakteristik yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah upaya pelestarian kebudayaan Sky Lot masyarakat Pantai Desa Tambak Lekok Kabupaten Pasuruan. Hasil Penelitian yang di peroleh mengenai peranan pemerintah dan masyarakat terhadap pelestarian kebudayaan Sky Lot dapat dibedakan menjadi dua yaitu pendukung pelestarian dari dalam dan pendukung pelestarian dari luar. Dimana pendukung dari dalam adalah dinas-dinas kepemerintahan yang berkaitan dengan upaya pelestarian kebudayaan yang terdapat di daerah pemilik kebudayaan olahraga Sky Lot yaitu Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan dimana bentuk upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah adalah penyelenggaraan lomba pendanaan pembangunan area perlombaan dan promosi kebudayaan lahraga Sky Lot. Sedangkan pendukung pelestarian kebudayaan dari luar ialah para peserta maupun penonton dari luar daerah yang membantu menyemarakkan kegiatan acara lomba olahraga Sky Lot tersebut baik menjadi peserta maupun panitia dan generasi muda sekitar kecamatan lekok ikut mengembangkan kebudayaan sky lot dengan rasa cinta pada kebudayaan asli masyarakat lekok Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51537

Actions (login required)

View Item View Item