Hubungan gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa MTs Surya Buana Malang / Siti Mukibati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa MTs Surya Buana Malang / Siti Mukibati

Mukibati, Siti (2011) Hubungan gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa MTs Surya Buana Malang / Siti Mukibati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Gaya Belajar Prestasi Belajar Gaya belajar mengacu pada cara belajar yang lebih digunakan individu dalam belajar. Gaya belajar tiap individu berbeda satu dengan yang lain. Untuk memperoleh prestasi atau hasil belajar yang baik harus dilakukan dengan baik dan pedoman cara yang tepat. Dengan mengetahui gaya belajar siswa dapat mengelola cara belajar yang efektif sehingga memaksimalkan kemampuan dan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah 1) bagaimana gaya belajar siswa 2) bagaimana prestasi belajar siswa 3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangannya deskriptif korelasional dengan metode survei. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu variabel bebas (X) gaya belajar (visual auditorial kinestetik) dan variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Surya Buana Malang yang berjumlah 167 teknik sampling menggunakan sampling total dengan 167 siswa. Untuk mengukur prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn diambil dari nilai raport bulanan. Untuk mengungkap gaya belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menggunakan kuesioner diadopsi dari Quantum Teaching Oleh De porter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan gaya belajar dan prestasi belajar. Analisis yang digunakan adalah prosentase dan chi kuadrat. Hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut (1) gaya belajar siswa MTs Surya Buana adalah cenderung pada gaya belajar visual dengan prosentase 40 7% atau 68 siswa dari 167 (2) prestasi belajar siswa MTs Surya Buana adalah kategori baik yaitu dengan prosestase 59 9% siswa atau 99 dari 167. (3) bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prstasi siswa MTs Surya Buana malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada yang pertama guru MTs. Surya Buana diharapkan lebih mengembangkan gaya mengajarnya dengan mencoba berbagai pendekatan pembelajaran serta menggunakan variasi metode pengajaran agar prestasi siswa dapat maksimal. Kedua Siswa MTs. Surya Buana mulai diberikan pengertian tentang gaya belajar anak. Hal ini melibatkan guru atau pihak sekolah lainnya agar orang tua dapat membentu meningkatkan prestasi belajar anaknya. Ketiga pihak sekolah MTs. Surya Buana agar secara berkesinambungan memantau prestasi siswanya khususnya gaya belajar yang sesuai untuk masing-masing siswa terutama siswa baru. Keempat Bagi peneliti lain hasil penelitian menggali tambahan informasi tentang hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa sehingga dapat memperluas cakrawala berfikir sekaligus untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51531

Actions (login required)

View Item View Item