Metode monitoring bagi petugas panti sosial di UPT PTKS Malang (studi penerapan setelah pelatiuhan klinis konseling pelayanan panti sosial) / Fitria Iyudhia Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode monitoring bagi petugas panti sosial di UPT PTKS Malang (studi penerapan setelah pelatiuhan klinis konseling pelayanan panti sosial) / Fitria Iyudhia Ekawati

Ekawati, Fitria Iyudhia (2016) Metode monitoring bagi petugas panti sosial di UPT PTKS Malang (studi penerapan setelah pelatiuhan klinis konseling pelayanan panti sosial) / Fitria Iyudhia Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekawati Fitria Iyudhia. 2016. Metode Monitoring bagi Petugas Panti Sosial di UPT PTKS Malang (Studi Penerapan Setelah Pelatihan Klinis Konseling Pelayanan Panti Sosial). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. Muhadjir Effendy M.Ap (II) Dr. Ach Rasyad M.Pd. Kata kunci Metode monitoring Klinis konseling UPT PTKS Malang untuk melaksanakan program pelatihan klinis konseling panti sosial setelah pelaksanaan program pelatihan tersebut diadakan monitoring atau pengawasan pada peserta pelatihan. Monitoring bertujuan mendapatkan umpan balik bagi kebutuhan program yang sedang berjalan dengan mengetahui kebutuhan ini pelaksanaan program akan segera menyiapkan kebutuhan tersebut.Fokus penelitian ini adalah mengenai (1) bagaimana pelaksanaan penerapan metode monitoring oleh petugas panti di UPT PTKS Malang setelah mengikuti pelatihan (2) bagaimana dampak terhadap penerapan metode monitoring. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan dengan tujuan untuk mempelajari pelaksanaan monitoring dan memahami hasil yang didapat dari peserta dengan cara monitoring. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Data kemudian di analisa dengan menggunakan analisis reduksi. Penggunaan analisis reduksi memungkinkan peneliti menemukan hasil dari seluruh data yang diperoleh peneliti selama dilapangan dikumpulkan diseleksi dan dikelompokkan. Subjek yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 6 orang semuanya berstatus pegawai. 4 orang dari petugas monitoring 1 dari peserta pelatihan dan 1 dari kepala panti yang masing-masing dipilih oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil dari monitoring oleh petugas UPT PTKS Malang peserta mampu menerapkan kepada anak didik mereka dan memberikan tindak lanjut dari apa yang mereka dapat dipelatihan tersebut. Sedangkan dari pihak UPT PTKS Malang mendapatkan masukan dari kekurangan-kekurangan di dalam proses pelatihan dan menjadi masukan untuk pelatihan kedepan. Peneliti ini mengungkapkan bahwa metode monitoring proses pelaksanaanya mengunakan sampling wawancara dan pengisian angket pelaksanaannya berkisar 3 bulan setelah pelaksanaan pelatihan selesai. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada lembaga UPT PTKS Malang agar dalam pelaksanaan monitoring dilaksanakan ketika awal pelaksanaan pelatihan hingga akhir sehingga lebih jelas dalam apa yang perlu diperbaiki yang kedua bagi jurusan konsentrasi pelatihan sebagai bahan tambahan kajian dalam pengembangan dan pengelolahan program konsentrasi PLS dan bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan refrensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item