Pengembangan multimedia pembelajaran IPA "Energi dalam Sistem Kehidupan" kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMPN 23 Malang / Raditya Susetyo Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran IPA "Energi dalam Sistem Kehidupan" kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMPN 23 Malang / Raditya Susetyo Wiyono

Wiyono, Raditya Susetyo (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran IPA "Energi dalam Sistem Kehidupan" kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMPN 23 Malang / Raditya Susetyo Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wiyono Raditya Susetyo. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Energi Dalam Sistem Kehidupan Kelas VII B Semester II Kurikulum 2013 di SMP Negeri 23 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci multimedia pembelajaran IPA kelas VII B semester II SMP Negeri 23 Malang Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menekankan pada pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) merupakan pengembangan sikap keterampilan dan pengetahuan peserta didik dalam pendekatan yang memenuhi kriteria ilmiah yang meliputi mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan. Dalam analisis kebutuhan yang dilakukan pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 23 Malang (a) pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran (b) kurang lengkapnya materi Energi dalam Sistem Kehidupan yang tersaji dalam buku pegangan siswa (c) terdapatnya laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPA. Berkaitan dengan itu diperlukan pengembangan multimedia pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi energi dalam sistem kehidupan di SMP Negeri 23 Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran dan mengetahui tingkat validitas produk pengembangan multimedia pembelajaran IPA energi dalam sistemkehidupan kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMP Negeri 23 Malang. Peneliti menggunakan metode yang diadaptasi dari model pengembangan media yang dikembangkan oleh Stephen M.Alessi Stanley R. Trollip yang terdiri dari (1) Preparation (Mempersiapkan Bahan) (2) Design (Mendesain Pembelajaran) (3) Flowcharting ( Membuat Flowchart Pembelajaran) (4) Storyboarding (Membuat StoryboardPembelajaran) (5) Programing and Support Materials (Memprogram dan Bahan Pendukung) (6) Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Multimedia pembelajaran IPA ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA untuk SMP kelas VII semester 2 dengan materi energi dalam sistem kehidupan. Hal itu ditunjukkan dengan hasil perhitungan ahli media 73 7 % ahli materi 85 % dan siswa individual/perorangan 90 % serta siswa kelompok kecil 92 5 % dan uji lapangan 93 6 %.Hasil uji coba dan uji lapangan menyatakan bahwa media telah layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Multimedia pembelajaran dengan materi energi dalam sistem kehidupan ini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sehingga multimedia ini dapat digunakan siswa sebagai alternatif belajar yang menarik agar siswa tidak jenuh dalam menerima materi pelajaran IPA bagi guru dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif mediauntuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan bagi pengembang lain disarankan agar mengembangkan dengan materi pokok lain sesuai dengan karakteristik bidang studinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item