Pengaruh culture shock terhadap hasil belajar mahasiswa PPkn angkatan 2007 fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Ana Kholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh culture shock terhadap hasil belajar mahasiswa PPkn angkatan 2007 fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Ana Kholifah

Kholifah, Ana (2010) Pengaruh culture shock terhadap hasil belajar mahasiswa PPkn angkatan 2007 fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Ana Kholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kholivah Ana.2009. Pengaruh Culture Shock Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PPKN Angkatan 2007 FIP UM. Skripsi jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwarno Winarno (2) Drs.H.Edi Suhartono SH. M.Pd Kata kunci adaptasi culture shock hasil belajar Culture shock merupakan respon yang mendalam dan negatif dari depresi frustasi dan disorientasi yang dialami oleh orang-orang yang hidup dalam suatu lingkungan budaya yang baru. Setiap mahasiswa diduga mengalami culture shock sebagai akibat perpindahannya dari lingkungan sekolah menengah (lama) ke lingkungan universitas (baru). Kebiasaan-kebiasaan di lingkungan baru dapat menyebabkan tekanan dan berakibat pada kompetensi akademik mahasiswa dalam hal ini mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM.. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM beradaptasi dengan lingkungan baru mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM beradaptasi dengan lingkungan baru mendeskripsikan bentuk culture shock yang dialami oleh mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM pengaruh culture shock terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM dan mendeskripsikan upaya mengatasi pengaruh culture shock terhadap hasil belajar mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 67 mahasiswa angkatan 2007 PPKn FIP UM. Sampel sebanyak 63 mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen. Instrumen yang digunakan yaitu skala adaptasi skala culture shock dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkakn bahwa (1) mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan baru yaitu dengan selalu menjadi diri sendiri selama berinteraksi dengan orangorang di lingkungan baru (2) faktor yang mempengaruhi cepatnya mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM beradaptasi dengan lingkungan baru yaitu aktif berinteraksi dengan orang-orang lokal/ orang Malang. Sedangkan faktor yang mempengaruhi lambatnya mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM beradaptasi dengan lingkungan baru yaitu keinginan untuk selalu mencari orang yang berasal dari daerah yang sama dengannya (3) bentuk culture shock yang dialami oleh mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM adalah merasa tegang saat memasuki wilayah yang berbeda dengan budaya asal (4) pengaruh culture shock terhadap perolehan hasil belajar mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM dari semester I sampai semester II adalah tidak ada pengaruh hal ini dapat dilihat dari kestabilan perbandingan antara yang mengalami kenaikan dan penurunan IP yaitu antara 31 36 orang (5) upaya mengatasi pengaruh culture shock terhadap hasil belajar mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM yaitu dengan aktif menjalin komunikasi dan berelasi dengan teman-teman baik dari dalam maupun luar kampus. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa perolehan hasil uji hipotesisnya menunjukkan nilai probabilitas 0 05 yakni 0 058 dan rhitung (0 233) rtabel (0 240) sehingga Ho diterima dan Hi ditolak. Hal ini mengandung pengertian bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh culture shock dengan hasil belajar (IP) pada mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) jurusan PPKn hendaknya memberikan program bimbingan konseling dalam membantu mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan baru agar mahasiswa dengan mudah memfokuskan diri pada upaya peningkatan prestasi akademiknya sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal (2) mahasiswa PPKn angkatan 2007 FIP UM hendaknya selalu berpikir positif mengenai dirinya dan lingkungannya dan terus mengasah kemampuan diri yang dimiliki (proaktif) agar menjadi mahasiswa yang mandiri dan berprestasi (3) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang lebih mendalam yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan observasi agar diperoleh hasil penelitian yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51468

Actions (login required)

View Item View Item