Upaya peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP negeri 5 Malang / Yuni Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP negeri 5 Malang / Yuni Damayanti

Damayanti, Yuni (2009) Upaya peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP negeri 5 Malang / Yuni Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Yuni. 2009. Upaya Peningkatan Aktifitas Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd. M.Si. (II) Hj. Yuni Astuty SH. M.Pd. Kata Kunci Aktifitas siswa contextual teaching and learning pembelajaran PKn Salah satu upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 5 Malang cara menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Malang penggunaan pendekatan contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 5 Malang hambatan-hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP Negeri 5 Malang dan upaya dalam mengatasi hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP Negeri 5 Malang. Berdasarkan tujuan tersebut diatas pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data dibedakan menjadi dua yaitu sumber data manusia dan sumber data non manusia (dokumen). Penentuan informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi tiga unsur yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan atau perifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat teknik yaitu perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan triangulasi (sumber metode teknik) dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 5 Malang yaitu peningkatan aktifitas belajar siswa dari indikator kemampuan menjawab pertanyaan keberanian menyampaikan pertanyaan kemampuan dalam mengemukakan pendapat keterampilan dalam memberikan saran kemampuan dalam mengemukakan kesimpulan sudah meningkat dalam setiap siklus. Kedua cara menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Malang telah dilaksanakan dengan baik oleh guru dengan memasukkan indikator REACT pada proses pembelajaran yang dilaksanakan pada setiap siklus. Ketiga penggunaan pendekatan contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 5 Malang siswa belajar dari kegiatan belajar yang aktif memperoleh pengetahuan baru melalui proses mengalami menemukan dan menganalisis materi. Kemudian menggunakan kemampuannya pada situasi yang lain. Dalam prakteknya pembelajaran dilaksanakan didalam kelas dan diluar kelas.Keempat hambatan-hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP Negeri 5 Malang adalah jumlah jam pelajaran yang terbatas sehingga kesulitan membawa siswa untuk langsung kelapangan. Kelima upaya dalam mengatasi hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SMP Negeri 5 Malang adalah karena keterbatasan waktu sehingga solusinya dengan mencari kasus-kasus yang dialami oleh masyarakat dan kemudian dibawa didalam kelas untuk didiskusikan. Bertolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat peneliti ajukan guna mendukung penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning guna meningkatkan aktifitas belajar siswa yaitu (1) Guru sebagai pengarah dan fasilitator harus lebih kreatif dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran contextual teaching and learning ini. Karena dalam pembelajaran contextual teaching and learning guru dituntut untuk menyiapkan strategi yang sesuai dengan materi dan minat siswa serta dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru (2) Sarana dan prasara penunjang pendidikan harus dipenuhi karena pemenuhan perlengkapan tersebut akan sangat memudahkan para pendidik (guru) dalam melaksanakan pembelajaran contextual teaching and learning (3) Guru harus lebih kreatif untuk memotivasi merangsang aktifitas siswa dan kreatifitas serta kemampuan berfikir siswa agar pengetahuan siswa menjadi berkembang dan keingingintahuan siswa terhadap pengetahuan semakin berkembang pula (4) Guru diharapkan agar membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar agar pembelajaran dapat terarah dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Nov 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51463

Actions (login required)

View Item View Item