Ulhak, Zia (2010) Implementasi nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di sekolah (studi pada SMPN 5 Kota Malang) / Zia Ulhak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ulhak Zia. 2009. Implementasi Nilai Demokrasi dalam Kegiatan OSIS di Sekolah (Studi pada SMPN 5 Kota Malang). Skripsi program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suparman Adi Winoto SH. M. Hum (2) Drs. Margono M.Pd M.Si. KataKunci Nilai Demokrasi OSIS Pemilihan Penetapan Kepanitiaan Pengambilan Keputusan Kebijakan Sekolah Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak. Hal ini dilakukan sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman penanaman nilai-nilai demnokrasi ini bisanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi misalnya melalui pembelajaran di kelas. Tetapi seiring dengan perkembangan waktu seringkali dirasakan kurang. Oleh karena itu dalam rangka untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis bertanggnug jawab serta menghargai sehingga ini diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dari organisasi-organisasi yang ada tersebut OSIS merupakan salah satu organisasi yang dapat melaksanakan nilai-nilai demokrasi di sekolah karena OSIS merupakan suatu organisasi yang berada dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tata cara pemilihan ketua OSIS di SMPN 5 Malang (2) Untuk mengetahui tata cara penetapan kepanitiaan dalam kegiatan OSIS di SMPN 5 Malang (3) Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pengurus OSIS di SMPN 5 Malang (4) Untuk mengetahui keterlibatan OSIS dalam pengambilan kebijakan sekolah di SMPN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi lembaga atau gejala tertentu. Subjek penelitiaanya adalah pembina OSIS Pengurus OSIS dan kepala sekolah SMPN 5 Malang. Adapaun tahapan pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipasif wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) nilai-nilai demokrasi yang terdapat dalam pemilihan ketua OSIS adalah adanya pesamaan hak dimana para siswa diberikan kesempatan yang sama untuk memilih dan menyalurkan aspirasi sesuai dengan hati nurani masing-masing tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Selain itu juga pemilihan ketua OSIS mengajarkan kepada para siswa kebebasan untuk menyatakan pendapat sekaligus mengajarkan kepada para siswa tentang cara berdemokrasi secara baik dan benar sejak dini (2) nilai-nilai demokrasi dalam proses penetapan kepanitian dalam OSIS di SMPN 5 Malang dapat dilihat dari kegiatan musyawarah penetapan kepanitiaan. Adapun nilai-nilai demokrasinya adalah musyawarah menaati dan menjalankan hasil keputusan yang ditetapkan bertanggung jawab saling berkomunikasi dan bekerjasama saling bahu membahu di antara sesama pengurus OSIS serta menghargai pendapat orang lain (3) nilai-nilai demokrasi yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah kebebasan mengeluarkan pendapat menghargai pendapat orang lain tanggung jawab bersama atas hasil musyawarah kerjasama antar pengurus OSIS dan persaman hak antara MPK dan pengurus OSIS (4) nilai-nilai demokrasi yang diperoleh dari kegiatan pengambilan kebijakan sekolah di SMPN 5 Malang adalah musyawarah partisipasi siswa dalam kebijakan sekolah kerjasama antar warga sekolah (guru siswa dan staff sekolah) kebebasan mengeluarkan pendapat mengahargai pendapat orang lain dan persamaan hak (keikutsertaan siswa dalam kebijakan sekolah). Dari hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) Pihak sekolah seharusnya lebih banyak melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan dan proses pengambilan kebijakan sekolah termasuk juga didalamnya OSIS. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih banyak pengalaman terkait dengan pelaksanaan nilai demokrasi dimana pengalaman ini nantinya berguna sebagai bekal para siswa yang akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat berbangs dan bernegara di masa yang akan datang (2) Terkait dengan proses pemilihan ketua OSIS diharapkan semua sekolah dapat melaksanakan proses pemilihan ketua OSIS secara langsung dan demokratis yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa. Hal berguna sekali karena akan wawasan siswa terkait dengan pelksanaan nilai-nilai demokrasi secara baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51457 |
Actions (login required)
View Item |