Kebiasaan menonton telivisi dan kebiasaan belajar siswa SD/MI di Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis / Lilik Kurniyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kebiasaan menonton telivisi dan kebiasaan belajar siswa SD/MI di Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis / Lilik Kurniyati

Kurniyati, Lilik (2009) Kebiasaan menonton telivisi dan kebiasaan belajar siswa SD/MI di Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis / Lilik Kurniyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniyati Lilik.2009.Kebiasaan Menonton Televisi dan Kebiasaan Belajar Siswa SD/MI di Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis. Skripsi Jurusan Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. H. A Rosyid Al Atok M.Pd. MH (II) Drs. H. Petir Pudjantoro M.Si. Kata kunci kebiasaan menonton televisi belajar Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar semakin banyak salah satunya dengan adanya televisi dimana dalam penayangan acara-acara sampai 24 jam nonstop. Bagi siswa menonton televisi merupakan hiburan yang sangat menari. Menyaksikan televisi memiliki dampak bagi siswa baik dampak negatif maupun positif . Peranan orang tua sangat penting dalam mengawasi anak dalam menonton tayangan televisi di rumah. Orang tua dapat memberikan batasan saat di rumah jika di sekolah batasan diberiakn oleh guru. Melihat dampak menonton televisi yang begitu banyak berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa dan prilaku siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kebiasaan menonton televisi dan kebiasaan belajar siswa Sekolah Dasar dan diharapkan dapat digunakan untuk memberikan gambaran-gambaran pada guru dan orang tua mengenai kebiasaan siswa dan memberikan batasan pada siswa dalam menyaksikan tayangan televisi Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 5 dan 6 SD/MI tahun ajaran 2008/2009 yang keseluruhannya berjumlah 1528 orang siswa. Sampel berjumlah 153 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1)Kebiasaan menonton televisi siswa dilakukan setelah pulang sekolah mereka biasa menonton televisi 3 jam setiap hari dan kadang-kadang lupa waktu dikarenakan tidak membuat jadwal menonton televisi Teman saat menonton televisi siswa yang selalu memberikan penjelasan dan memberikan pengertian tentang tayangan televisi yang baik dan buruk adalah ibu. Kebiasaan menonton televisi siswa dilakukan di rumah sendiri dan biasanya siswa sambil makan camilan. Film kartun yang menjadi kegemaran siswa adalah Tom and jarry acara musik Idola Cilik acara sinetron Upik abu dan laura dan acara berita Seputar Indonesia. Siswa kadang-kadang menonton film horor(misteri) Dampak menonton televisi bagi siswa kadang-kadang siswa menceritakan dan memperagakan setiap kejadian yang dilakukan tokoh favorit dalam film dan siswa merasa takut setelah menonton berita kriminal. (2)Kebiasaan Belajar siswa dimulai dimulai pada saat menjelang malam 17.00-19.00 siswa belajar 1 jam saat belajar siswa ditemani oleh ibu yang membantu memecahkan kesulitan siswa dalam belajar. Kebiasaan untuk mempermudah memahami materi siswa biasanya dengan cara membaca kembali membuat ringkasan dan memberi tanda selain itu untuk membuat betah belajar siswa biasanya belajar dalam keadaan rumah yang sepi. Berdasarkan hasil penelitian di atas s saran yang disampaikan dalam penelitian ini agar siswa lebih dapat mengatur waktu belajar dan menonton televisi dan bisa membedakan tayangan yang baik dan buruk. Guru disarankan agar menyampaikan pesan kepada siswa agar senantiasa hati-hati dalam memilih tayangan televisi untuk ditonton dan memberikan penyuluhan kepada orang tua siswa agar mempunyai kepedulian terhadap semua kegiatan putra-putrinya selama berada diluar jam sekolah dan memberikan dorongan pada siswa agar rajin belajar. Sekolah disarankan agar bekerja sama dengan orang tua siswa dalam hal pengawasan anak-anak terhadap tayangan yang yang tidak mendidik dan memberikan perhatian dan bimbingan saat siswa belajar. Bagi orang tua disarankan untuk mengawasi anak-anaknya dalam menonton televisi mengatur jadwal bagi anak dan menyediakan waktu untuk menemani siswa belajar dan menonton televisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51437

Actions (login required)

View Item View Item