Pengintegrasian pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKN di SMP Negeri 6 Malang / Hunainih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengintegrasian pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKN di SMP Negeri 6 Malang / Hunainih

Hunainih (2010) Pengintegrasian pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKN di SMP Negeri 6 Malang / Hunainih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hunainih.2009. Pengintegrasian Pendidikan Budi Pekerti Dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Drs. Sunardi. Kata kunci Pendidikan Budi Pekerti PKn. Banyaknya perilaku sosial yang menyimpang dalam masyarakat seperti perkelahian antar pelajar penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan tindakan kriminal lainnya serta semakin merosotnya nilai-nilai budaya Jawa seperti sopan santun dan tata krama. Budi pekerti merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mentalitas manusia yakni jiwa dari peradaban yang dibangun oleh manusia itu sendiri. Atas dasar ini manusia dituntut bertingkah laku sopan berperangai baik berakhlak dan berwatak luhur dalam menapaki jalan hidupnya baik sebagai anggota keluarga anggota masyarakat maupun sebagai anggota suatu bangsa. Pendidikan budi pekerti secara kependidikan diperlukan bukan hanya substansi yang semata-mata diajarkan tetapi lebih mendasar sebagai interaksi sosial budaya dan edukatif antara siswa dengan seluruh unsur kependidikan yang ada disekolah dan masyarakat yang memungkinkan tumbuh dan berkembangnya serta terwujudnya individu yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan tentang pengintegrasian pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang 2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang 3) mendeskripsikan cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan dari guru dan siswa sebagai data utama/ data primer. Data diperoleh melalui observasi untuk mengetahui proses belajar mengajar di kelas dan keteladanan yang dilakukan oleh siswa wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Cek keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKn dalam pelaksanaannya dibagi dalam tiga kegiatan a) kegiatan perencanaan berkaitan dengan penyusunan perangkat pembelajaran b) pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan ini pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKn dilakukan dengan menerapkan pembiasaan tingkah laku dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah c) kegiatan evaluasi berkaitan dengan penilaian ada dua macam penilaian yaitu penilaian penguasaan konsep dilakukan dengan ulangan harian dan ulangan blok dengan patokan nilai minimum 72 apabila ada siswa yang tidak dapat mencapai nilai standar tersebut diadakan remidi. Kendala pelaksanaan pendidikan budi pekerti berasal dari latar belakang siswa yang berasal dari keluarga yang berbeda-beda sehingga karakter siswa juga berbeda. Cara mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 6 Malang antara lain memperbaiki kekurangan dalam hal penggunaan metode pengajaran melaksanakan metode keteladanan serta memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang bisa peneliti sampaikan yaitu 1) diharapkan guru dapat memberikan contoh dan menjadi teladan bagi siswa siswinya dalam berperilaku berbicara bersikap baik di sekolah maupun di luar sekolah 2) diharapkan sekolah dapat menyediakan media sarana dan fasilitas yang memadai sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai 3) Bagi siswa agar selalu patuh dan mentaati tata tertib yang ada di sekolah dan secara sadar menerapkan nilai-nilai budi pekerti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51430

Actions (login required)

View Item View Item