Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PKn (suatu studi di MTs Negeri I Malang) / Khithok Ahmad Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PKn (suatu studi di MTs Negeri I Malang) / Khithok Ahmad Purwanto

Purwanto, Khithok Ahmad (2009) Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PKn (suatu studi di MTs Negeri I Malang) / Khithok Ahmad Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuntutan dalam menciptakan suatu pembelajaran yang efektif membuat guru berupaya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang akan dikelolanya. Proses pembelajaran yang lebih mengaktifkan peserta didik membuat peserta didik kreatif menghasilkan karya-karya yang bermanfaat serta menyenangkan sehingga peserta didik merasa nyaman mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Guru dapat merencanakan berbagai macam strategi dengan menggunakan metode yang lebih bervariasi sumber belajar yang sesuai dan media pendukung serta alat bantu yang sesuai. Model pembelajaran yang dimaksudkan di atas adalah model Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan model Pakem pada mata pelajaran PKn di MTsN I Malang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji perencanaan model Pakem pada mata pelajaran PKn (2) mengkaji pelaksanaan model Pakem pada mata pelajaran PKn (3) mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan model Pakem pada mata pelajaran PKn (4) mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi hambatan dalam penerapan model Pakem pada mata pelajaran PKn. Penelitian tentang penerapan model Pakem ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan para siswa di MTsN I Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada teknik analisa data model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan model Pakem dalam mata pelajaran PKn di MTsN I Malang meliputi penyusunan Rencana Program Efektif Program Semester Silabus dan sistem penilaian menyusun Rencana Program Pembelajaran serta menyiapkan metode media alat bantu bahan ajar dan penilaian (2) Pelaksanaan model Pakem pada mata pelajaran PKn di MTsN I Malang dilaksanakan dengan pemanfaatan lingkungan luar kelas untuk belajar karena prinsip belajarnya adalah belajar sambil bermain. Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam pembuka menulis indikator pembelajaran mereview pelajaran sebelumnya dengan tanya jawab kemudian guru menerangkan inti dari materi yang akan diberikan selama beberapa menit saja setelah itu siswa yang aktif guru hanya sebagai fasilitator dan menutup pelajaran dengan refleksi bersama-sama dengan siswa (3) faktor pendorong dan penghambat dalam penerapkan Pakem adalah Pakem merupakan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk termotivasi dalam pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang baik. Dengan model Pakem dapat mengurangi situasi dan kondisi model pembelajaran konvensional yang lebih menitik beratkan pada metode ceramah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Belum dipahaminya model Pakem oleh guru. Kurangnya memperoleh kesempatan memahami inovasi dalam pendidikan termasuk penerapan model Pakem. Kecenderungan diterapkannya model pembelajaran konvensional yang dipandang lebih mudah dan murah dan karena kemampuan tingkat berfikir siswa yang beragam jadi guru masih belum optimal dalam menerapkan Pakem. (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah Guru berusaha untuk menjalin komunikasi yang lebih akrab dengan seluruh siswa memotivasi siswa agar tidak takut dalam mengemukakan pendapat tidak takut untuk menjawab pertanyaan dari guru serta tidak takut disalahkan jika jawabannya salah. Guru membentuk kelompok belajar yang sesuai dengan model Pakem agar pembelajaran lebih efektif guru terus berupaya memotivasi siswa dengan memberikan penghargaan berupa poin atau ucapan selamat bagi siswa yang aktif memberikan pendapat menjawab pertanyaan dan menanggapi pendapat temannya. Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar (1) Sekolah lebih meningkatkan penerapan pakem secara berkesinambungan (2) Guru dituntut untuk lebih dapat memahami karakteristik siswa yaitu dengan memahami sifat yang dimiliki anak dan memahami siswa secara perorangan serta tingkat kemampuan siswa agar pakem dapat diterima siswa dengan baik (3) Dalam pakem guru ataupun siswa diharapkan dapat bersama-sama berperan aktif dalam proses pembelajaran dan 4) peneliti lain diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi sekaligus koreksi untuk penyempurnaan penelitian selanjutnya sehingga penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51428

Actions (login required)

View Item View Item