Virgiawan, Daniel (2009) Peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran PKn SMP Negeri 4 Malang / Daniel Virgiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting untuk membantu pengajaran. Pemanfaatan media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan kegiatan belajar-mengajar mengingat kondisi kemampuan siswa di dalam kelas berbeda-beda di dalam merespon pelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran akan menimbulkan dampak positif seperti terciptanya situasi pembelajaran yang memberikan peluang perkembangan kreatifitas pada siswa tersalurnya umpan balik ke siswa secara lancar Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran PKn 2) Apa peran media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran PKn 3) Adakah faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar PKn 4) Bagaimana cara mengatasi hambatan dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar PKn. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran PKn (2) Mendeskripsikan peran media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran PKn (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar (4)Mendeskripsikan cara mengatasi hambatan dalam proses belajar-mengajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan dari guru dan siswa serta data arsip sekolah. Data diperoleh melalui observasi untuk mengetahui proses belajar mengajar di kelas dan media yang digunakan wawancara untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat serta upaya untuk menangani hambatan penggunaan media pembelajaran dalam proses pemeblajaran PKn di SMP Negeri 4 Malang. Instumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian/display data dan (4) verifikasi data/ penarikan kesimpulan Hasil penelitian dan analisis data penelitian peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Malang menunjukan (1) penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PKn mulai dioptimalkan dalam kelas. (2) Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PKn adalah sebagai sarana memperjelas materi pelajaran sumber belajar dan sarana peningkatan motivasi belajar siswa. (3) faktor pendukung penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar PKn adalah tersedianya media pembelajaran oleh sekolah suasana kelas yang kondusif siswa menanggapi dengan baik penggunaan media pembelajaran. Faktor penghambat penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar antar lain kurangnya kemauan dan minat guru dalam menggunakan media pembelajaran guru tidak mau repot memanfaatkan media pembelajaran dan suasana kelas yang ramai. (4) cara mengatasi hambatan dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar PKn di SMP negeri 4 Malang antara lain kerja sama antara semua pihak dalam pendukungan dana untuk penyediaan media pembelajaran dan meningkatkan kemauan dan minat guru untuk berkemauan memanfaatkan media pembelajaran dengan cara memberikan kesadaran pentingnya media pembelajaran dalam proses belajara mengajar melalui seminar-seminar atau workshop-workshop tentang medai pembelajaran ataupun dengan memberikan rewards ataupun penghargaan oleh pihak sekolah pada guru yang bersangkutan dalam kekreatifannya memanfaatkan media pembelajaran. Dari hasil penelitian di atas maka dikemukakan saran sebagai berikut 1) Pihak sekolah diharapkan mendukung secara optimal penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sekolah harus meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas media pembelajaran di sekolah tersebut. 2) Diharapkan Guru kreatif dalam memilih mencari menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 3) Selama guru menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas siswa diharapkan mendukung dengan menciptakan kondisi kelas yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51408 |
Actions (login required)
View Item |