Eksistensi upacara adat "Selamatan Kali" dalam melestarikan kehidupan gotong royong masyarakat desa Cendono Kecamatan Purwasari Kabupaten Pasuruan / Mahsusil Luthfiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi upacara adat "Selamatan Kali" dalam melestarikan kehidupan gotong royong masyarakat desa Cendono Kecamatan Purwasari Kabupaten Pasuruan / Mahsusil Luthfiyanti

Luthfiyanti, Mahsusil (2009) Eksistensi upacara adat "Selamatan Kali" dalam melestarikan kehidupan gotong royong masyarakat desa Cendono Kecamatan Purwasari Kabupaten Pasuruan / Mahsusil Luthfiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upacara adat merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat religius magis dimana pelaksanaannya mempunyai syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang mempunyai hajat melaksanakan upacara tersebut. Upacara adat mengekspresikan suatu kebudayaan yang memberikan anggota masyarakatnya suatu rasa memiliki keunikan dan nilai kegunaan. Salah satunya adalah upacara adat selamatan kali yang ada di Desa Cendono Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upacara adat Selamatan Kali di Desa Cendono yang meliputi (1) latar belakang upacara adat selamatan kali (2) nilai-nilai yang terkandung dalam upacara adat selamatan kali (3) eksistensi upacara adat selamatan kali dalam melestarikan kehidupan gotong royong masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan langkah mencacat seluruh hasil data yang diperoleh mengumpulkan dan mengklasifikasikan data untuk menjawab rumusan masalah dan mencari makna hubungan-hubungan temuan terkait dengan rumusan masalah. Dalam melakukan analisis data peneliti melakukan reduksi data display data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)latar belakang terjadinya upacara adat selamatan kali adalah karena pengalaman Sungai Telasih yang pernah angok atau sumber mata air kecil (2)nilai-nilai yang terkandung dalam upacara adat selamatan kali meliputi nilai religi nilai gotong royong dan nilai persatuan (3)semangat serta kerja sama warga masyarakat dalam menyiapkan peralatan dan perlengkapan upacara adat selamatan kali mampu menjaga kehidupan gotong royong masyarakat Desa Cendono.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51403

Actions (login required)

View Item View Item