Peran partai politik dalam pemilihan umum (studi pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat di Kota Malang) / Andik Wijaya Kusuma

Andik Wijaya Kusuma (2009) Peran partai politik dalam pemilihan umum (studi pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat di Kota Malang) / Andik Wijaya Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Partai politik sebagai salah satu lembaga dan sarana penyalur aspirasi rakyat selama ini kinerjanya di masyarakat masih dikatakan belum optimal. Banyaknya partai politik yang ada maupun berdiri belum menjamin aspirasi masyarakat dapat tersalurkan. Akan tetapi hal tersebut setidaknya dapat menjadikan pilihan bagi rakyat untuk menyalurkan aspirasinya. Meskipun pada kenyataanya di lapangan, apa yang diharapkan oleh rakyat tidak sesuai dengan kenyataan yang ada sebelumnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana kegiatan partai politik sebelum Pemilihan Umum, Bagaimana kegiatan partai politik pada saat Pemilihan Umum dan Bagaimana kegiatan partai politik Pasca Pemilihan Umum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa datanya dilakukan dengan menggunakan analisis data interaktif yakni dengan (a) reduksi data, (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kegiatan partai politik sebelum Pemilihan Umum adalah membangun internal partai, melakukan pola-pola kaderisasi terhadap kader partai, Partai juga melakukan penjaringan dan penetapan calon legislatif, melakukan penyerapan aspirasi konstituen, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, (b) kegiatan partai politik pada saat pemilihan umum meliputi kegiatan kampanye, pencoblosan dan pelantikan, (c) kegiatan partai politik pasca Pemilihan Umum untuk calon-calon yang telah terpilih dan dilantik mereka bersama dengan pengurus Partai lainnya akan menemui dapil (daerah pemilihan). Selain itu juga kepada calon legislatif yang terpilih diharapkan dapat membina masyarakat daerah lingkungan sekitar mereka. Jadi boleh dikata bahwa Partai Politik telah melakukan semacam kontrak politik dengan masyarakat pemilih atau konstituen. Selain itu juga tampaknya partai politik juga berupaya untuk menyiapkan kader-kadernya untuk menyongsong pemilu berikutnya. Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan agar Partai Politik hendaknya dapat menjadi jembatan kepada masyarakat dalam melakukan proses pendidikan politik. Dalam hal pencarian kader, partai hendaknya dapat benar- benar mencari dan menjaring kader yang militan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51398

Actions (login required)

View Item View Item