Pelaksanaan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP PGRI 01 Karangploso Kabupaten Malang / Sutrisno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP PGRI 01 Karangploso Kabupaten Malang / Sutrisno

Sutrisno (2009) Pelaksanaan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP PGRI 01 Karangploso Kabupaten Malang / Sutrisno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi hasil belajar siswa merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan mengingat bahwa melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) maka diharapkan akan tercetak anak-anak bangsa yang berketuhanan Yang Maha Esa mantap mandiri dan berpengetahuan luas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Masalah yang diteliti adalah (1) bagaimana pelaksanaan evaluasi aspek kognitif (2) apa saja faktor penghambat dan faktor pendorong dalam melaksanakan evaluasi aspek kognitif (3) bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan evaluasi aspek kognitif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui pelaksanaan evaluasi aspek kognitif (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi pendorong dan penghambat dalam melaksanakan evaluasi aspek kognitif (3) untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam melaksanakan evaluasi aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan metode deskripitf artinya penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara obyektif dan sistematis tentang pelaksanaan evaluasi aspek kognitif di SMP PGRI 01 Karangploso Kabupaten Malang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan studi dokumenter studi dokementer digunakan untuk mengungkap data tentang hal-hal yang belum tercantum di dalam wawancara . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan evaluasi aspek kognitif guru bidang studi PKn membuat perencanaan terlebih dahulu dengan membuat kisi-kisi soal menyusun soal-soal dan membuat kunci jawaban. Tahap pelaksanaan evaluasi yaitu dengan megatur tempat duduk siswa sedangkan tahap evaluasi program yang dilakukan ialah ketika siswa sudah mencapai standar kelulusan minimal maka siswa tersebut diberikan program pengayaan dan siswa yang belum mencapai standar kelulusan minimal diberikan program remedial atau perbaikan. Faktor pendorong dalam evaluasi aspek kognitif yaitu dari faktor internal antara lain kesiapan guru dalam memberikan evaluasi kesiapan siswa dan kondisi lingkungan sekitar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam evaluasi aspek kognitif di SMP PGRI 01 Karangploso adalah siswa tidak siap menghadapi evaluasi guru datang terlambat ketika evaluasi dimulai. Sedangkan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru mempersiapkan diri dalam memberikan evaluasi siswa harus siap menghadapi evaluasi dengan belajar dengan tekun. Saran diberikan kepada SMP PGRI 10 Karangploso yaitu seyogyanya guru membuat persiapan sebelum melaksanakan evaluasi aspek kognitif kepala sekolah seyogyanya membuat kebijakan ketika salah satu kelas mengadakan ulangan maka kelas lain menghindarkan hal-hal yang membuat suasana gaduh atau ramai. Saran yang kedua ditujukan kepada lembaga pendidikan tinggi dalam hal ini Universitas Negeri Malang khususnya jurusan PPKn kurikulun atau matakuliahnya agar disesuaikan dengan perkembangan sekolah. Saran yang ketiga ditujukan bagi peneliti sebagai masukan bagi penelitian lanjutan yang sejenis untuk dapat digunakan seperlunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51395

Actions (login required)

View Item View Item