Dian Kristiana Palupi (2009) Studi kemampuan guru dalam menyusun silabus PKn berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung / Dian Kristiana Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pendidikan formal yang merupakan kurikulum hidup yang akan memfungsionalkan program pengajaran. Kurikulum sebagus apapun tanpa ditunjang kemampuan mengajar yang baik dari seorang guru hasilnya tidak akan maksimal. Jadi kompetensi guru untuk mendukung sebuah kurikulum yang kompeten saling berkaitan. Untuk melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi diperlukan tenaga pengajar atau guru yang profesional yaitu guru yang mempunyai kepribadian tinggi mampu mengelola pembelajaran yang didalamnya menyangkut kemampuan menyusun rencana pembelajaran yang dituangkan dalam silabus mau mengembangkan diri pengetahuan luas dan tanggung jawab. Dalam kenyataannya ternyata tidaklah semudah yang diharapkan oleh sebuah kurikulum. Masih banyak guru yang kesulitan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi terutama dalam menyusun silabus PKn. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menyusun silabus PKn di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung (2) Apa saja kendala kendala yang dihadapi guru dalam menyusun silabus PKn berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (3) Faktor-faktor apa yang menjadi penyebab munculnya kendala dalam penyusunan silabus PKn di SMA Negeri Tulungagung (4) Upaya apa yang dilakukan guru untuk mangatasi kendala dalam penyusunan silabus PKn di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun silabus PKn di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung (2) untuk mengetahui kendala guru dalam menyusun silabus PKn berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (3) untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penyebab munculnya kendala guru dalam menyusun silabus PKn di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung (4) Untuk mengetahui apa yang telah dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam menyusun silabus PKn di SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sample. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut ditetapkan yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu 19 guru PKn kelas X dan XI yang berasal dari 10 SMA Negeri Kabupaten Tulungagung Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket atau kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis yang berbentuk angka-angka yang kemudian dituangkan dalam bentuk rumus prosentase. Kemampuan guru dalam menyusun silabus PKn di SMA Negeri Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa 49% guru PKn mampu menyusun silabus 47% guru PKn kurang mampu menyusun silabus dan 4% guru PKn lain-lain (sesuai kondisi sekolah). Kendala yang dihadapi guru PKn dalam menyusun silabus yaitu (1) menentukan materi pokok dan uraiannya (2) menentukan pengalaman belajar (3) menentukan indikator (4) menentukan penilaian (5) menetukan alokasi waktu (6) mengalami kendala dalam menentukan sumber bahan alat pembelajaran. Faktor penyebab munculnya kendala guru PKn dalam menyusun silabus yaitu (1) kompetensi guru dalam menyusun silabus kurang (2) kurang pelatihan pembuatan silabus (3) tidak ada buku acuan yang tepat (4) materi luas dan banyak (5) fasilitas sekolah kurang lengkap (6) waktu terbatas (7) sumber daya siswa rendah (8) sulit menentukan kriteria penilaian aspek afektif (9) standar penilaian terlalu tinggi. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala penyusunan silabus PKn yaitu (1) silabus disusun per tim (2) sering di berikan pelatihan penyusunan silabus (3) lebih kreatif lagi mencari sumber/bahan/media yang relevan (4) menyederhanakan materi (5) lebih kreatif lagi dalam mengelola fasilitas sekolah yangada (6) menggunakan waktu cadangan (7) lebih memahami kemampuan siswa (8) melakukan pengamatan secara langsung berkaitan aspek afektif (9) berusaha menurunkan standar kompetensi minimal. Berdasarkan kesimpulan yang di peroleh maka di sarankan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung dan SMA-SMA Negeri Kabupaten Tulungagung sering memberikan pelatihan penyusunan silabus bagi guru PKn SMA Negeri Kabupaten Tulungagung sebaiknya lebih kreatif lagi dalam mengelola waktu mencari dan mengelola sumber bahan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51394 |
Actions (login required)
View Item |