Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang / Nanang Fatkhurrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang / Nanang Fatkhurrozi

Nanang Fatkhurrozi (2009) Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang / Nanang Fatkhurrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan bentuk keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat secara aktif dan sukarela baik karena alasan-alasan dari dalam dirinya (intrinsik) maupun dari luar dirinya (ekstrinsik) dalam keseluruhan proses kegiatan yang bersangkutan. Bentuk partisipasi tersebut dapat berupa kontribusi materal maupun nonmaterial keikutsertaan secara aktif maupun nonaktif/pasif. Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan perlu perlu ditampung dan disalurkan melalui sebuah lembaga atau badan mandiri yang disebut Komite Sekolah. Peran yang dijalankan Komite Sekolah harus bertumpu pada landasan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di sekolah. Penghambat timbulnya partisipasi masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar adalah terjadinya jurang pemisah antara pihak sekolah dengan orang tua murid atau masyarakat. Hendaknya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pihak sekolah dengan masyarakat yang melakukan suatu aktivitas bersama dalam mewujudkan perbaikan kualitas pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai adalah menganalisis peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Turen 06 Kabupaten Malang meliputi (1) Peran masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang (2) Peran Komite Sekolah dalam mewadahi partisipasi masyarakat di SDN Turen 06 Malang dan (3)Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahap-tahap penelitian yang terdiri dari (1) Tahap Persiapan yaitu penelitian awal menyusun rancangan penelitian perijinan dan persiapan pengumpulan data (2) Proses di Lapangan yaitu eksplorasi awal eksplorasi mendalam dan mengecek serta mengkonfirmasikan hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Turen 06 Kabupaten Malang. Subyek penelitian ini adalah terdiri dari tiga unsur pertama yaitu pihak institusi sekolah yang meliputi Kepala Sekolah para dewan guru siswa serta data-data sekolah yang dapat dijadikan referensi. Pihak yang kedua yaitu Komite Sekolah yang meliputi ketua Komite Sekolah beserta struktur kepengurusan yang terlibat dalam kegiatan Komite Sekolah. Sedangkan pihak ketiga adalah masyarakat baik yang tergabung dalam paguyuban orangtua murid maupun yang berpartisipasi secara tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak sekali problematika dalam pendidikan nasional yang harus segera diselesaikan dan hal tersebut sangat memerlukan partisipasi masyarakat dalam upaya penyelesaian masalah-masalah tersebut. Hal ini terbukti dalam hasil penelitian yang kami laksanakan di Sekolah Dasar Negeri Turen 06 bahwa partisipasi masyarakat dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Bagi masyarakat Kecamatan Turen hendaknya berpartisipasi lebih aktif dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui lembaga Komite Sekolah maupun sebagai anggota paguyuban wali murid karena partisipasi masyarakat sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. (2) Bagi sekolah bila hendak mengadakan pembangunan gedung atau program pengadaan fasilitas yang lain seharusnya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan seluruh wali murid sehingga mengetahui kemampuan masing-masing wali murid. (3) Bagi Komite Sekolah hendaknya lebih menampung aspirasi dan menyalurkan aspirasi masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang. Selain itu Komite Sekolah harus memberikan motivasi dan penghargaan kepada tenaga pendidikan atau kepada seseorang yang berjasa pada sekolah secara profesional sesuai dengan kaidah profesional guru atau tenaga administrasi sekolah. (4) Bagi peneliti yang ingin meneliti hal yang sama bisa meneliti tentang partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan dalam bidang non akademik.(5)Bagi lembaga khususnya jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selaku bagian dari civitas akademika hendaknya lebih meningkatkan peranannya dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan seminar tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51382

Actions (login required)

View Item View Item