Sistem perkawinan pada masyarakat Samin di Bojonegoro / oleh Anita Noviana P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem perkawinan pada masyarakat Samin di Bojonegoro / oleh Anita Noviana P.

Anita Noviana P. (2010) Sistem perkawinan pada masyarakat Samin di Bojonegoro / oleh Anita Noviana P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat Jawa menganggap bahwa perkawinan adalah sebuah hal yang sangat fundamental dan universal. Fundamental artinya sebuah hal yang mendasar dan wajib dijalani. Sedangkan universal diartikan bahwa perkawinan merupakan sebuah peristiwa ritual yang pasti akan dialami oleh setiap orang kapanpun dan di usia berapapun. Sistem perkawinan pada masyarakat Samin meliputi pra perkawinan masa upacara perkawinan dan pasca perkawinan. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui tentang (1) sistem perkawinan pada masa pra perkawinan (2) masa upacara perkawinan dan (3) pasca perkawinan masyarakat Samin di Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Yaitu berusaha memperoleh informasi deskriptif melalui data yang dikumpulkan.. Data tersebut berasal dari hasil wawancara foto dan dokumen pribadi serta dokumen resmi lainnya. Penelitian dilakukan di dusun Jepang desa Jepang kecamatan Margomulyo Bojonegoro Jawa Timur lokasi ini dipilih dengan pertimbangan (1) komunitas Samin disini masih hidup berkelompok sehingga keberadaannya masih terkontrol oleh pemimpin Samin secara langsung (2) masyarakat Samin di dusun Jepang merupakan sempalan yang relatif masih terpelihara di bandingkan dengan masyarakat Samin yang ada di Randublatung Blora Jawa Tengah sebagai induknya (3) masyarakat Samin dusun Jepang masih mempunyai ketua adat trah (keturunan mendapat perintah kepemimpinan secara estafet) yang terhubung langsung dengan pendiri Saminisme yaitu Samin Surosentiko. Data yang terkumpul kemudian direduksi yaitu memilih dan menyederhanakan data. Hasil reduksi data tersebut disusun dan disajikan menjadi tampilan data yang lebih sistematis. Tahapan terakhir dari analisis data ini adalah menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkawinan menurut mastyarakat Samin adalah merupakan suatu hal yang terpenting dan sakral untuk membentuk suatu keluarga baru dan melahirkan keturunan. Masa pra perkawinan masyarakat Samin terdiri dari ritual mencari jodoh magang lamaran dan ningseti. Masa upacara perkawinan masyarakat Samin terdiri dari ritual walimahan magang nyekseni dan syukuran/adang akeh. Masa pasca perkawinan masyarakat Samin meliputi mengurus surat nikah di KUA ndolakno kehidupan berumah tangga dan putusnya perkawinan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai proses masa pra perkawinan hingga masa pasca perkawinan guna mengkaji memahami dan menganalisis setiap gejala sosial budaya yang timbul. Selain itu perlu bantuan dari pemerintah daerah setempat untuk menerbitkan sejumlah buku tentang perkawinan sehingga proses perkawinan tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Samin di Dusun Jepang tetapi juga oleh masyarakat luas. Diharapkan nilai-nilai luhur atau positif dalam proses perkawinan ini bisa menambah rasa cinta akan kebudayaannya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51379

Actions (login required)

View Item View Item