Persepsi siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Ilyas Mansoor - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Ilyas Mansoor

Ilyas Mansoor (2009) Persepsi siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Ilyas Mansoor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inti masalah proses pembelajaran bertumpu pada persoalan bagaimana mengoptimalkan proses pembelajaran agar tercipta efektivitas dan efisiensi sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Salah satu usaha memperbaharui proses pembelajaran terutama yang ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dapat digunakan pembelajaran dengan menggunakan modul. Sekolah Menengah Pertama Laboratorium Universitas Negeri Malang (SMP LAB UM) merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran modul. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Laboratorium Universitas negeri Malang dengan tujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas negeri Malang (2) Persepsi siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 kelas atau 444 siswa sedangkan sampelnya diambil 6 kelas atau 240 siswa. Data dianalisis menggunakan statistis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang terdiri dari pretes proses dan postes. (2) Secara umum siswa memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang namun secara spesifik masih ada siswa memiliki persepsi yang tidak baik terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan modul di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan supaya guru menyiapkan situasi belajar yang lebih kondusif memberikan petunjuk yang lebih jelas dalam menyusun modul membuat soal-soal tes yang lebih sesuai dengan kemampuan siswa lebih intensif dalam menggali pengetahuan dan pemahaman serta memberikan penilaian pada hasil pekerjaan siswa memberikan motivasi yang lebih besar kepada siswa segera memberikan balikan atau hasil belajar kepada siswa memberikan bimbingan kepada siswa secara individual dan lebih intensif menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi khusunya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa dan menjelaskan proses pembelajaran secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51378

Actions (login required)

View Item View Item