Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada mata pelajaran PPKn : studi di SMAN 1 Blitar / oleh Anjarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada mata pelajaran PPKn : studi di SMAN 1 Blitar / oleh Anjarwati

Anjarwati (2009) Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada mata pelajaran PPKn : studi di SMAN 1 Blitar / oleh Anjarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya mutu akademik pendidikan di Indonesia dan rendahnya mutu sumber daya manusia merupakan salah satu sebab Indonesia belum mampu memulihkan krisis moneter. Maka dari itu perlu adanya perubahan pada sistim pendidikan salah satunya dengan menggunakan KBK. Kebijakan pemerintah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi didasarkan pada PP No.25 tahun 2000 tentang pembagian kewenangan pusat dan daerah. PP ini menyatakan bahwa kewenangan pusat adalah menetapkan standar kompetensi peserta didik dan warga belajar serta pengaturan kurikulum Nasional dan penilaian hasil belajar secara nasional serta pedoman pelaksanaannya dan penetapan standar materi pelajaran pokok. KBK di harapkan mampu memecahkan berbagai persoalan Bangsa kususnya dalam bidang pendidikan dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan pelaksanaan dan evaluasi terhadap sistim pendidikan secara efektif efisien dan berhasil guna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah implementasi KBK (2) Bagaimanakah peranan guru dan siswa dalam implementasi KBK (3) Apakah kendala-kendala yang dihadapi (4) Dan bagaimanakah upaya penyelesaiannya dalam implementasi KBK pada mata pelajaran PPKn di SMUN 1 Blitar. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Data diperoleh dari informan yang berkompeten terhadap masalah penelitian yaitu semua guru PPKn dan siswa yang mengikuti pelajaran tersebut di SMUN 1 Blitar. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data kepustakaan data yang diperoleh dari dokumen sekolah dan data lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara analisis dokumaen dan kuisioner atau angket. Agar data yang diperoleh dapat ditafsirkan maka dilakukan analisis data dengan cara reduksi data display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data yang dilakukan selama proses pengumpulan data dan setelah selesai pengumpulan data. Untuk memperoleh hasil penelitian kualitatif yang dapat dipercaya dapat dipertanggung jawabkan dan dapat diakui kebenarannya maka dilakukan pengecekan keabsahan data sebagai berikut ketekunan penelitian perpanjangan kehadiran triangulasi data pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) implementasi KBK pada mata pelajaran PPKn dilakukan guru dengan cara pengembangan program yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan mendapat persetujuan dari DEPDIKNAS kota Blitar pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan pembelajaran KBK yang mana menuntut siswa untuk aktifdan kreatif guru hanya sebagai fasilitator pembelajaran tidak berpusat pada guru melainkan pada siswa hasil yang diharapkan dalam proses pembelajaran bukan penguasaan materi akan tetapi bagaimana siswa bisa mencapai kiompetensi dasar dan menerapkannya. (2) peranan guru dalam implementasi KBK pada mata pelajaran PPKn dalam mengajar guru sudah menerapkan sistim pembelajaran dengan KBK akan tetapi guru kurang bisa menguasai kelas dalam mengajar kurang menggunakan media pembelajaran dan kurang bervariasi dalam mengajar. (3) peranan siswa dalam implementasi KBK dapat dilihat saat proses belajar mengajar. Peran siswa dalam implementasi KBKdi SMAN 1 Blitar adalah siswa belajar dari teman melalui diskusi kelompok siswa kurang begitu senang mengikuti pelajaran PPKn siswa merasa paham dengan penjelasan yang diberikan oleh guru siswa hanya belajar saat kegiatan belajar mengajar saja akan tetapi siswa berusaha untuk mencari referensi yang lain jika ada tugas dari guru. (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam implementasi KBK adalah kurangnya buku-buku litelatur yang akan proses pembelajaran jumlah guru PPKn kurang mencukupi atau memadai pembelajaran dengan menggunakan sistim KBK baru diterima siswa ketika memasuki jenjang pendidikan SMA kurang dikembangkannya kreatifitas seorang guru dalam mengembangkan alat-alat pembelajaran guru kurang bisa mendisiplinkan peserta didik kususnya pada saat pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi adanya kesulitan dalam memvariasikan pengalaman belajar siswa benturan alokasi waktu dengan kalender sekolah saat ada acara hari besar sehingga rencana pembelajaran yang sudah dipersiapkan harus mengalami perubahan. (5) Upaya-upaya untuk mengatasi kendala dalam implementasi KBK jika litelatur sekolah kurang memadai guru menyuruh siswa untuk mencari litelatur yang lainnya seperti di internet atau media massa yang lainnya mensosialisasikan perubahan kurikulum dengan baik kususnya pada siswa kelas satu menambah satu orang guru Bantu untuk menunjang kurangnya jumlah guru PPKn mendisiplinkan peserta didik dengan cara lebih mengaktifkan siswa yang kurang aktif saat proses KBM lebih meningkatkan dan mengembangkan alat-alat pembelajaran dan alat peraga yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru lebih memvariasikan pengalaman belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) Guru harus dapat menyiapkan dan membuat rencana pembelajaran dengan baik sesuai dengan kondisi siswa (2) Guru lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif (3) Meningkatkan kemampuan guru untuk memberdayakan sarana dan media pembelajaran (4) Guru meningkatkan dalam menciptakan variasi-variasi baru dalam mengajar (5) Kepala sekolah menambah jumlah tenaga pendidik PPKn kepada siswa harus lebih meningkatkan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51376

Actions (login required)

View Item View Item