Upaya peningkatan kinerja RSU dalam rangka peningkatan pelayanan publik (studi kasus di RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan) <BR>oleh Denny Tristiyanti

Tristiyanti, Denny (2002) Upaya peningkatan kinerja RSU dalam rangka peningkatan pelayanan publik (studi kasus di RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan) <BR>oleh Denny Tristiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK TristiyantiD, enny.2 002. UpayaP eningkatanK inerja I?.f{JD alam llangka Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Kasus di RSUD Dr. R Soedarsono Kota pasuruan). Slripsi, JurusanP endidikan Pancasilad an KewarganegaraanF. IP Universitas NegerMi alang.P embimbing( I) Drs. AchmadB udiono,S H.,M . Si. (iI) Drs.N ur WahyuR ochmadiM, .Pd.,M . Si. Katr kunci:u payap, eningkatank,i nerja,p elayananp, ublik Pelayanakne sehatanm erupakans ub sistemp elayananm asyarakatR. umahs akit merupakans alah satu sub sistem-p elayanank esehatan.P ada era globalisasi sebuah rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik sehingga dapat neningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mencermati pelayanan rumatr satit utamanyaru mah sakit milik pemerintahm asih mengandungb eberapap ermasalahan. oleh sebab itu, agar dapat memberikan pelayanan yang baik, maka diperlukan adanya peningkataknin erja. Berdasarkanla tar belakangd i atas dilakukan penelitian denganf okus penelitian (l) bagaimankao ndisi pelayananru mah sakit, (2) faktor pendukungd an penghambat pelayananru matr sakit pada masyarakat,d an (3) bagaimanau paya yang aitatukan rumah sakit dalam meningkatkan kinerja guna meningkatkan pelayanan publik. Sedangkatunj uan penelitiani ni adalah( 1) mendeskipsikank ondisi peiayanan-rumah sakit,( 2) mendeskripsikafna ktor pendukungd an penghambapt elayananr umah sakit pada masyarakat dan (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan rumah sakit dalam meningkatkaknin erjag unam eningkatkanp elayananp ublik. Metodep enelitiany anl: digunakans tudi kasusd i RSUD Dr. R, Soedarsonkoo ta Pasuruadne nganp endekatank ualitatif. Sementarad ata yang digunakanb ersumberd ari orang,d okumen,d an peristiwa. Prosesp engumpuland ata dilakukan denganw awancara mendalam, pengamatan, analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode interaktifd ari Miles danH uberman.K eabsahand ata dilakukan dengant eknili triangulasi dan member check. Temuanp enelitiand apatd ipaparkans ebagabi erikut( l) kondisip elayananR SUD Dr. R. soedarsono masih terdapat beberapa kekurangan sehingga mempengaruhi di dalamm emberikanp elayanany ang baik kepadap ublik meskipun-ouct one RSUD Dr. R. Soedarsonora ta-ratas udahm emenuhis tandarn asional,( 2) Faktor pendukungd aJam meningkatkank inerja adalah( a) bantuans aranad ari berbagaip ihak, (b) pembangunan gjdung baru dengan konstruksi bertingkat dan pemilihan cai yang bagus, (c) dekat dengan area pertokoan maupun apotek dan (d) lokasi rumah sakit yang mudah $janskau. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja aoa*, 1a; kualitasa tau skill sDM yang rendahd an (b) kurangnyad ana operasional(.3 ) upaya yang dilakukanR SUD Dr. R. soedarsonou ntuk meningkatkank inerja dengania ra itensifikasi dan ekstensifikasi. Cara intensifikasi dilakukan dengan peningkatan t

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51372

Actions (login required)

View Item View Item